Skripsi Informatika - Perancangan Perangkat Lunak Kehadiran Di Smpn



BAB I
PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang Masalah
Di zaman sekarang ini perkembangan teknologi meningkat pesat di berbagai bidang, terutama perkembangan teknologi komputer, baik perkembangan pada perangkat lunak maupun perangkat keras. Di negara–negara maju hampir semua bidang menerapkan sistem komputerisasi, karena dengan sistem komputerisasi dapat mencapai kemudahan kerja yang tinggi sehingga kualitas dan kuantitas dari hasil pekerjaan lebih baik daripada menggunakan sistem yang belum terkomputerisasikan.

Untuk mencapai kemudahan kerja yang tinggi, pemakaian komputer merupakan salah satu alat bantu yang tidak dapat dielakan lagi. Penggunaan komputer sebagai alat bantu dalam dunia usaha meliputi berbagai aspek seperti dalam pembuatan laporan, pengolahan data, dan penyimpanan arsip, begitupun dalam aspek kehadiran. Kehadiran merupakan hal yang dapat mengembangkan sikap disiplin, dengan tujuan untuk menciptakan atau mengembangkan Sumber Daya Manusia yang ada menjadi lebih baik. Terutama dalam sekolah, kehadiran menjadi hal yang penting untuk dapat memajukan kinerja serta memberikan motivasi kepada pendidik.

Pembuatan rekapitulasi absen dapat memberikan informasi mengenai kinerja masing-masing pengajar, dengan dibuatnya rekapitulasi absen diharapkan dapat menjadi umpan balik untuk para guru agar dapat lebih baik dalam kinerja kerja setiap hari terutama di SMP Negeri 18 Bandung ini, memiliki sistem pengabsenan untuk para guru yang masih menggunakan sistem pengarsipan yang tidak baik. selain itu pendataan absensi untuk guru ini cukup lambat, terlebih apabila data tersebut sedang dibutuhkan.  

Hal ini menimbulkan permasalahan bagi petugas absensi dalam pembuatan laporan presentasi ketidak hadiran guru, mengingat pentingnya laporan tersebut terutama bagi pengajar yang sudah menjadi pegawai tetap atau PNS. Dari permasalahan tersebut penulis mencoba memperbaiki juga mengembangkan proses yang ada agar untuk kedepannya sistem absensi guru ini dapat lebih efektif.

I.2 Identifikasi Persoalan
Adapun persoalan yang dihadapi dalam kasus ini adalah sebagai berikut:
  1. Keakuratan laporan absensi dan kehadiran Guru masih diragukan karena menggunakan metode arsip yang sangat sederhana.
  2. Sering terlambatnya pembuatan laporan rekapitulasi kehadiran Guru karena harus mencari berkas pada tumpukan dokumen.
  3. Pencatatan kehadiran Guru masih dapat dimanipulasi.

I.3 Lingkup dan Batasan
1.      Pengabsenan hanya untuk para Guru dan staf tata usaha.
2.      Hanya membahas proses  absensi kehadiran dan rekap kehadiran Guru dan staf tata usaha.

I.4 Tujuan
Dalam pembuatan ini ditentukan beberapa tujuan pembuatan aplikasi atau program ini,diantaranya:
  1. Mengganti sistem yang lama atau sistem yang berjalan dengan sistem yang baru atau sistem yang diusulkan.
  2. Dengan adanya perangkat lunak ini diharapkan dapat mengoptimalkan waktu yang dibutuhkan dalam pembuatan laporan rekapitulasi kehadiran Guru.
  3. Dengan adanya perangkat lunak ini diharapkan dapat meminimalisir memanipulasi absen kehadiran Guru.

I.5 Sistematika Penulisan
Adapun sistematika dalam penulisan skripsi ini sebagai berikut:

                                              

Bab I   :     PENDAHULUAN

Bab pertama ini merupakan Bab pembukaan yang menjadi dasar dalam penyusunan skripsi proyek akhir karena Bab ini menjelaskan mengenai tujuan penulisan latar belakang masalah, ruang lingkup pembahasan, pokok pembahasan,teknik pengumpulan data sistematika pembahasan.

Bab II :     DASAR TEORI

Bab ini menjelaskan teori tentang permasalahan yang di bahas dalam tugas akhir sampai dengan metodologi yang digunakan untuk mengembangkan system,yang akan di bandingkan dan di analisis pada Bab III.

Bab III :     ANALISIS DAN PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK

Bab ini digunakan untuk mendefinisikan semua kebutuhan pemakai dan meletakan dasar-dasar untuk proses perancangan perangkat lunak Bab ini juga menjabarkan pengembangan sepesifikasi perangkat lunak untuk memecahkan persoalan.Hasil analisis dan perancangan tersebut di modelkan dengan diagram UML (Unified Modeling Languange). Diagram tersebut di gunakan untuk memodelkan aliran proses,kerja,data,struktur organisasi obyek dan pesan, serta prilaku system, sampai perancangan antar muka dan pseudocode

Bab IV :      IMPLEMENTASI

Bab ini berisi uraian mengenai tahapan untuk membangun atau mewujudkan rancangan sistem baru secara nyata. Kegiatan yang di bahas meliputi konstruksi (coding), pengujian perangkat lunak,dan intalasi. Diagram UML untuk implementasi seperti Component Diagram atau Deployment Diagram dapat di gunakan pula pada Bab ini.

 

Bab V :      KESIMPULAN DAN SARAN

Bab ini memuat elaborasi dan rincian kesimpulan yang dituliskan pada abstraksi. Saran untuk kajian lanjutan serta practical implication dari kerja mahasiswa dapat dituliskan pada Bab ini.
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar