RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMKN 2 TAKALAR
Mata Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Lembaga peradilan
Kelas/Program : X
Pertemuan Minggu ke : 6
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
Standar
Kompetensi : 2.
Menampilkan sikap positif terhadap hukum dan peradilan nasional
Kompetensi Dasar :
2.2. Menganalisis peranan lembaga-lembaga peradilan
Indikator :
1.
Menguraikan
perangkat lembaga peradilan
2.
Menganalisis
macam-macam lembaga peradilan
3.
Menganalisis
peranan lembaga peradilan
4.
Menganalisis
pelaksanaan lembaga peradilan
A.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta
didik dapat menguraikan perangkat lembaga peradilan
2.
Peserta
didik dapat menganalisis macam-macam lembaga peradilan
3.
Peserta
didik dapat menganalisis peranan lembaga peradilan
4.
Peserta
didik dapat menganalisis pelaksanaan lembaga peradilan
B.
Materi Pokok Pembelajaran
·
Peranan
Lembaga-Lembaga Peradilan Nasional
-
Lembaga
Peradilan di Indonesia
-
Alat
kelengkapan peradilan
·
Tingkatan,
peranan, dan fungsi lembaga peradilan
C.
Strategi Pembelajaran
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu (Menit)
|
Aspek lifeskill yang dikembangkan
|
1.
|
Pendahuluan
- Memberikan salam siswa
- Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
|
15’
|
- Disiplin
- Kerjasama
- Keterampilan
|
2.
|
Kegiatan Inti
- Menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai
- Penjelasan materi
- Tanya jawab
- Latihan
|
55’
|
- Kerjasama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Uji diri
|
3.
|
Penutup
- Evaluasi / Tanya jawab
- Penenangan
|
20’
|
- Pengendalian diri
|
D.
Perangkat Pembelajaran
·
Buku
PKn SMK/MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 53-57.
·
UU
kehakiman Republik Indonesia
·
Lembaga
pemasyarakatan
·
UUD
1945 yang Telah Diamandemen
·
Lembar
Kerja Siswa
E. Penilaian dan Tindak Lanjut
- Penilaian Kognitif
- Penilaian Afektif
Takalar,
18 Agustus 2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
Dra, Hj Alwiyah Andi
Mildawati, SH
NIP.19641231 198512 2 035 NIP.
19740425 200604 2 003
0 komentar:
Posting Komentar