RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMKN 2 TAKLAR
Mata Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Bangsa dan
Negara
Kelas/Program : X/Semua
Program Keahlian
Pertemuan Minggu ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
Standar Kompetensi : 1. Memahami
hakikat bangsa dan Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKRI)
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan hakikat bangsa dan
unsur-unsur terbentuknya negara
Indikator :
1.
Mendeskripsikan
hakikat bangsa dan negara
2.
Menguraikan pengertian bangsa dan unsur terbentuknya
bangsa
3.
Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara
A. Tujuan Pembelajaran:
1.
Peserta
didik dapat mendeskripsikan hakikat bangsa dan negara
2.
Peserta
didik dapat menguraikan pengertian
bangsa dan unsur terbentuknya bangsa
3.
Peserta
didik dapat menganalisis pengertian
negara dan unsur terbentuknya negara
B. Materi Pokok Pembelajaran
·
Hakikat
Bangsa
·
Pengertian
dan Unsur-Unsur Terbentuknya Negara
-
Rakyat
-
Wilayah
-
Pemerintah
yang berdaulat
-
Pengakuan
dari negara lain
C. Strategi Pembelajaran
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
(Menit)
|
Aspek lifeskill yang dikembangkan
|
1.
|
Pendahuluan
-
Memberikan
salam siswa
-
Mengabsen
dan mengetahui kondisi siswa
|
15’
|
- Disiplin
- Kerjasama
- Keterampilan
|
2.
|
Kegiatan Inti
-
Menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai
-
Penjelasan
materi
-
Tanya
jawab
-
Latihan
|
55’
|
- Kerjasama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Uji diri
|
3.
|
Penutup
-
Evaluasi
/ Tanya jawab
-
Penenangan
|
20’
|
- Pengendalian diri
|
D. Perangkat Pembelajaran
·
Buku
PKn SMK/MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan Setiadi Hal.1-13
·
Darji
Darmo-diharjo (1990), Pendidiikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Malang:
Penerbit IKIP Malang
·
Budiyanto
(1999), Tata negara untuk SMA, Jakarta
Penerbit Erlangga
·
UUD
1945 yang Telah Diamandemen
·
Lembar
Kerja Siswa
E. Penilaian dan Tindak Lanjut
·
Penilaian
Kognitif
·
Penilaian
Afektif
Takalar,
18 Agustus 2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
Dra, Hj Alwiyah Andi
Mildawati, SH
NIP.19641231 198512 2 035 NIP.
19740425 200604 2 003
0 komentar:
Posting Komentar