RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMKN 2 TAKALAR
Mata Pelajaran :
PKn
Materi Pokok : Persamaan kedudukan warga negara
Kelas/Program :
X
Pertemuan Minggu ke : 19
Alokasi Waktu :
2 x 45 Menit
Standar
Kompetensi : 5. Menghargai persamaan kedudukan warga negara
dalam berbagai aspek kehidupan
Kompetensi Dasar : 5.2. Menganalisis
persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
negara
Indikator :
- Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara
- Mendeskripsikan landasan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara
- Memberikan contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara
A. Tujuan Pembelajaran
1. Menunjukkan persamaan kedudukan warga
negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara
2. Mendeskripsikan landasan persamaan
kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara
3. Memberikan contoh perilaku yang
menampilkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan negara
B. Materi Pokok Pembelajaran
·
Persamaan
kedudukan warga negara
-
Landasan
yang menjamin persamaan kedudukan warga negara
-
Berbagai
aspek persamaan kedudukan setiap warga negara
-
Contoh
perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara
C. Strategi Pembelajaran
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu ( Menit )
|
Aspek lifeskill yang dikembangkan
|
1.
|
Pendahuluan
- Memberikan salam siswa
- Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
|
15’
|
- Disiplin
- Kerjasama
- Keterampilan
|
2.
|
Kegiatan Inti
- Menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai
- Penjelasan materi
- Tanya jawab
- Latihan
|
55’
|
- Kerjasama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Uji diri
|
3.
|
Penutup
- Evaluasi / Tanya jawab
- Penenangan
|
20’
|
- Pengendalian diri
|
D. Perangkat Pembelajaran
·
Buku
Paket PKn Kelas X Buku Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan
Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 136-144.
· UUD 1945 yang Telah Diamandemen
· Buku-Buku Sumber yang Relevan
· Lembar Kerja Siswa
E. Penilaian dan Tindak Lanjut
·
Penilaian
Kognitif
·
Penilaian
Afektif
Takalar,
18 Agustus 2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
Dra, Hj Alwiyah Andi
Mildawati, SH
NIP.19641231 198512 2 035 NIP.
19740425 200604 2 003
0 komentar:
Posting Komentar