RPP pkn SMK (Persamaan kedudukan warga negara)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                :  SMKN 2 TAKALAR
Mata Pelajaran               : PKn
Materi Pokok                 :  Persamaan kedudukan warga negara
Kelas/Program                : X
Pertemuan Minggu ke    : 19
Alokasi Waktu               : 2 x 45 Menit

Standar Kompetensi    :  5.   Menghargai persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek kehidupan

Kompetensi Dasar        :  5.2.   Menganalisis persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara

Indikator                       :
  1. Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara
  2. Mendeskripsikan landasan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara
  3. Memberikan contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara

A.    Tujuan Pembelajaran
1.      Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara
2.      Mendeskripsikan landasan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara
3.      Memberikan contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara

B.     Materi Pokok Pembelajaran
·         Persamaan kedudukan warga negara
-        Landasan yang menjamin persamaan kedudukan warga negara
-        Berbagai aspek persamaan kedudukan setiap warga negara
-        Contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara

C.    Strategi Pembelajaran
No.
Kegiatan Belajar
Waktu ( Menit )
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan
2.
Kegiatan Inti
-  Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-  Penjelasan materi
-  Tanya jawab
-  Latihan
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri


D.    Perangkat Pembelajaran
·         Buku Paket PKn Kelas X Buku Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 136-144.
·   UUD 1945 yang Telah Diamandemen
·   Buku-Buku Sumber yang Relevan
·   Lembar Kerja Siswa

E.     Penilaian dan Tindak Lanjut
·         Penilaian Kognitif
·         Penilaian Afektif


                                                                                               









Takalar,  18 Agustus 2013

Mengetahui,
Kepala Sekolah,                                                   Guru Mata Pelajaran,





Dra, Hj Alwiyah                                                 Andi Mildawati, SH
NIP.19641231 198512 2 035                              NIP. 19740425 200604 2 003
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar