SILABUS
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas
: X
Semester : 1
Standar Kompetensi :1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKRI)
Alokasi waktu
: 8 X 45 Menit
KOMPETENSI DASAR
|
Materi Pembelajaran
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1.1 Mendeskripsikan
hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara
|
Hakikat bangsa
o Pengertian dan
unsur-unsur terbentuknya negara
- Rakyat
- Wilayah
- Pemerintah yang
berdaulat
- Pengakuan dari
negara lain
|
Mengkaji berbagai literatur tentang
hakikat bangsa dan negara.
Mendiskusikan hasil kajian literatur
Pengertian dan unsur terbentuknya bangsa, Pengertian Negara dan unsur-unsur
terbentuknya negara
|
·
Mendeskripsikan hakikat bangsa dan negara
·
Menguraikan
pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa
·
Menganalisis
pengertian negara dan unsur
terbentuknya Negara
|
o Non tes:
Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis
(Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi
|
2 x 45
|
·
Buku
Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan
Setiadi Hal.1-13
·
Darji
Darmo-diharjo (1990), Pendidiikan Pancasila di Perguruan Tinggi,
Malang: Penerbit IKIP Malang
·
Budiyanto
(1999), Tata negara untuk SMA, Jakarta
Penerbit Erlangga
|
1.2 Mendeskripsikan
hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan
|
Negara dan bentuk-bentuk kenegaraan
o Hakikat dan asal
mula terbentuknya negara
o Bentuk Negara dan
bentuk knegaraan
-
Bentuk negara
-
Bentuk Kenegaraan
|
Mengkaji informasi
dari berbagai sumber tentang
pengertian, asal mula terjadinya Negara
Mendiskusikan hasil
kajian literatur pentingnya pengakuan suatu negara dari negara lain dan
bentuk-bentuk kenegaraan
|
·
Menganalisis
pengertian Negara
·
Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara
·
Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi
suatu negara
·
Membandingkan bentuk-bentuk kenegaraan
|
o Non tes:
Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis
(Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi
|
2 x 45
|
· Buku
Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan
Setiadi. Hal 13-24.
· Musthafa Kamal
Pasha, B.Ed,(2002), Pendidikan Kewarganegaraan (Civics Education),
Yogyakarta: Citra Karsa Mandiri.
|
1.3 Menjelaskan
pengertian, fungsi dan tujuan NKRI
|
o Tujuan dan Fungsi
Negara
-
Berbagai teori tentang tujuan negara
-
Berbagai teori tentang fungsi negara
o Negara Kesatuan
Republik Indonesia
-
Hakikat NKRI
-
Cita-cita, tujuan, dan visi NKRI
|
Mengkaji dari
berbagai buku sumber tentang fungsi negara secara universal
Mendiskusikan hasil
kajian literatur teori tentang fungsi dan tujuan negara serta tujuan Negara
Kesatuan Republik Indonesia
|
·
Menguraikan pengertian dan fungsi negara
·
Membandingkan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan
Negara
·
Mendeskripsikan tujuan Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
o Non tes:
Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis
(Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi
|
2 x 45
|
· Buku
Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan
Setiadi. Hal 24-32.
· Idrus Affandi,
(1997), tata negara, Jakarta: Depdikbud- balai pustaka
|
1.4 Menunjukkan
semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
Semangat kebangsaan (nasionalisme dan patriotisme)
o Makna nasionalisme
o Bentuk-bentuk
nasionalisme
o Makna patriotisme
|
Mengkaji dari
literatur tentang semangat kebangsaan dan patriotisme dan nasionalisme
Indonesia, macam-macam perwujudan nasionalisme
Mendiskusikan hasil
kajian literatur tentang pengertian nasionalisme serta menunjukkan bersikap
positif terhadap nasionalisme dan patriotisme Indonesia
|
·
Mendeskripsikan makna semangat kebangsaan
·
Menguraikan macam-macam perwujudan nasionalisme dalam
kehidupan
·
Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat
kebangsaan
·
Menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme
Indonesia
|
o Non tes:
Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis
(Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi
|
2 x 45
|
· Buku
Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan
Setiadi. Hal 32-40.
· Anhar Gonggong
(2002), Nasionalisme sebuah kajian sejarah, (makalah sarasehan antar
generasi) Departemen Sosial, Jakarta
· Hans Kohn (1961),
Nasionalisme arti dan sejarahnya, Jakarta: PT Pembangunan Djakarta.
|
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : X
Semester : 1
Standar Kompetensi
: 2. Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan
nasional
Alokasi Waktu :
10 X 45 Menit
KOMPETENSI DASAR
|
Materi Pembelajaran
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
2.1 Mendeskripsikan
pengertian sistem hukum dan peradilan nasional
|
Pengertian sistem hukum
o
Pengertian hukum
o
Ciri-ciri dan unsur hukum
o
Penggolongan hukum
o
Sumber hukum material dan sumber hukum formal
o
Tata hukum Indonesia
|
Menganalisis
berbagai buku sumber tentang
pengertian sistem hukum, ciri-ciri unsur hukum, dan penggolongan
hukum.
Mendiskusikan hasil kajian tentang sumber hukum material dan formal,
serta tata hukum Indonesia.
|
·
Mendeskripsikan pengertian hukum
·
Menentukan macam-macam penggolongan Hukum
·
Mendeskripsikan sumber hukum formal dan material
·
Menjelaskan sistem tata hukum Indonesia
|
o Non tes:
Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis
(Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi
|
2 x 45
|
· Buku
Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan
Setiadi. Hal 47-53
· Soehino (1987) Ilmu
Negara, Jakarta
· Sudargo Gautama
(1987), Hukum Perdata Internasional Indonesia, Jakarta, Alumni
|
2.2 Menganalisis
peranan lembaga-lembaga peradilan
|
Peranan Lembaga-lembaga peradilan nasional
o
Lembaga Peradilan di Indonesia
o
Alat kelengkapan peradilan
o
Tingkatan, peranan, dan fungsi lembaga peradilan
|
Mengkaji berbagai literatur tentang
perangkat lembaga peradilan
Berdiskusi kelompok hasil kajian tentang macam-macam lembaga peradilan
dan peranan lembaga peradilan
Melihat praktek peradilan pada tingkat pengadilan negeri
|
·
Menguraikan perangkat lembaga peradilan
·
Menganalisis macam-macam lembaga peradilan
·
Menganalisis peranan lembaga peradilan
·
Menganalisis pelaksanaan lembaga peradilan
|
o Non tes:
Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis
(Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi Laporan
|
2 x 45
|
· Buku
Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan
Setiadi. Hal 53-57.
· UU kehakiman
Republik Indonesia
· Lembaga
pemasyarakatan
|
2.3 Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan
hukum yang berlaku
|
Sikap taat terhadap hukum
o
Contoh perbuatan yang bertentangan dengan hukum
o
Sanksi Hukum
|
Berdiskusi tentang sikap taat pada hukum
Menganalisis macam-macam perbuatan yang bertentangan dengan hukum dan
sanksinya
|
·
Menunjukkan contoh sikap taat terhadap hukum
·
Menganalisis macam-macam perbuatan yang bertentangan
dengan hukum
·
Menganalisis macam-macam sanksi sesuai hukum yang
berlaku
|
o Non tes:
Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis
(Uraian, pilihan ganda, bentuk
lainnya)
o
Presentasi
|
2 x 45
|
· Buku
Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan
Setiadi. Hal 58-61.
· Berbagai media
cetak dan elektronik
|
2.4 Menganalisis upaya
pemberantasan korupsi di Indonesia
|
Korupsi dan dasar Hukum Pemberantasannya
o
Pengertian Korupsi
o
Klasifikasi perbuatan korupsi
|
Mengkaji dari berbagai literatur tentang aturan dan berbagai perbuatan
yang termasuk dalam korupsi
Mengkaji media cetak tentang contoh
pemberantasan korupsi di Indonesia
|
·
Mendeskripsikan macam-macam aturan tentang pemberantasan
korupsi
·
Menganalisis macam-macam perbuatan yang berkategori
korupsi
·
Menunjukkan contoh tindak pidana korupsi yang telah
dikenakan sanksi
|
o Non tes:
Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis
(Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
·
Presentasi
|
2 x 45
|
· Buku
Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan
Setiadi. Hal 62-66
· Kumpulan naskah
yang dikeluarkan oleh KPK
|
2.5 Menampilkan peran
serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
|
Pemberantasan korupsi di Indonesia
o
Macam- macam Gerakan dan organisasi anti korupsi
o
Sikap diri anti korupsi
|
Menelaah berbagai
literatur tentang korupsi tentang perbuatan sikap anti korupsi
Mendiskusikan
tentang macam- macam perbuatan anti
korupsi
|
·
Menunjukkan contoh gerakan/ organisasi anti korupsi
·
Menganalisis macam-macam perbuatan anti korupsi
·
Menampilkan sikap anti korupsi
|
·
Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
·
Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
·
Presentasi
|
2 x 45
|
· Buku
Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan
Setiadi. Hal 67-72
· Media cetak dan
elektronik
|
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas
: X
Semester
: 1
Standar Kompetensi : 3. Menampilkan peran serta dalam upaya
pemajuan, penghormatan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM)
Alokasi Waktu
: 6 X 45 Menit
KOMPETENSI DASAR
|
Materi Pembelajaran
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
3.1
Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan
penegakan HAM
|
Pemajuan, penghormatan, dan penegakan
HAM
o
Pengertian dan HAM
o
Sejarah HAM
o
Jenis HAM
o
Upaya pemerintah dalam menegakkan HAM
o
Intrumen atau dasar hukum HAM
o
Peran masyarakat dalam menegakan HAM
|
Mengkaji dari berbagai pustaka (buku paket dan sumber lain) tentang pengertian, macam- macam instrumen
HAM
Mendiskusikan
artikel tentang upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan pemerintah, individu dan
masyarakat
|
·
Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan
penegakan HAM yang dilakukan
pemerintah
·
Menentukan instrumen HAM nasional
·
Mendeskripsikan upaya pemajuan, penghormatan, dan
penegakan HAM yang dilakukan oleh
individu dan masyarakat
|
o Non tes:
Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis
(Uraian, pilihan ganda, bentuk
lainnya)
o Presentasi
|
2 x 45
|
·
Buku Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X,
karangan Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 79-84
·
Fakih Mansour, Antonius M. Indrianto, Eko Prasetyo,
(2003), Menegakkan Keadilan dan Kemanusiaan, Pogunglor C-145, Yogyakarta:
Insist Press.
·
Mansyur Effendi, ( 1993), HAM, Jakarta, GI
|
3.2
Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan,
penghormatan, dan penegakan HAM di
Indonesia
|
Peran serta dalam pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia
o
Proses pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM
o
Pelanggaran HAM dan penangganan kasus pelanggaran HAM
o contoh perilaku
yang sesuai dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia
|
Mengkaji berbagai sumber tentang proses penegakkan HAM, menentukan sikap, perilaku yang sesuai
dengan upaya pemajuan, penghormatan,
dan penegakan HAM di Indonesia
Melalui pengamatan dapat
mengilustrasikan dan menyimpulkan contoh perilaku dalam penegakkan HAM
|
·
Menguraikan proses dalam upaya pemajuan, penghormatan,
dan penegakan HAM
·
Mengilustrasikan berbagai kasus pelanggaran HAM
·
Menyimpulkan contoh perilaku yang dengan upaya
pemajuan, penghormatan, dan penegakan
HAM di Indonesia
|
o Non tes:
Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis
(Uraian, pilihan ganda, bentuk
lainnya)
o Presentasi
|
2 x 45
|
· Buku
Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan
Setiadi. Hal 84-90.
· UU HAM
· Munir (2003), HAM
dan posisi Hukum, LPTHI Ikadin, Jakarta
|
3.3
Mendeskripsikan instrumen hukum dan peradilan
internasional HAM
|
Instrumen hukum dan peradilan internasional HAM
o
Instrumen HAM Internasional
o
Kasus –kasus pelanggaran HAM internasional
o
Proses dan sanksi pelanggaran HAM pada Peradilan
Internasional
|
Mengkaji beberapa literatur dan
sumber bacaan tentang instrumen hukum dan peradilan internasional HAM serta menunjukkan bentuk pelanggaran
HAM internasional
|
·
Mendeskripsikan instrumen HAM internasional
·
Menunjukkan bentuk-bentuk pelanggaran HAM internasional
·
Mendeskripsikan sanksi dan pelanggaran HAM pada peradilan
Internasional
|
o Non tes:
Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis
(Uraian, pilihan ganda, bentuk
lainnya)
o Presentasi
|
2 x 45
|
· Buku
Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan
Setiadi. Hal 90-97.
· Aturan HAM
Internasional
|
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas
: X
Semester
: 2
Standar Kompetensi
: 4. Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi
Alokasi Waktu :
10 X 45 Menit
KOMPETENSI DASAR
|
Materi Pembelajaran
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
4.1 Mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi
|
Hubungan dasar negara dan konstitusi negara
o Pengertian dasar
negara
o Pengertian
konstitusi
o Hubungan dasar
negara dengan konstitusi
|
Mengkaji berbagai literatur tentang pe-ngertian dasar negara dan
konsitusi.
Berdiskusi tentang
keterkaitan antara dasar negara dengan
konstitusi
|
·
Mendeskripsikan pengertian dasar negara
·
Mendeskripsikan pengertian konstitusi negara
·
Menyimpulkan keterkaitan dasar negara dengan konstitusi
di sebuah negara
|
o Non tes:
Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis
(Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
o Presentasi
|
4 x 45
|
· Buku
Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan
Setiadi. Hal 103-106.
· J.C.T.Simorangkir,
SH., Dr. (1986), Hukum dan Konstitusi Indonesia, Jakarta: PT: Gunung
Agung.
|
4.2 Menganalisis substansi konstitusi negara
|
Substansi konstitusi negara
o
Unsur sebuah konstitusi
o
Macam-macam konstitusi
o
Ciri konstitusi bagi negara tertentu
o
Substansi konstitusi Indonesia
|
Mengkaji beberapa buku sumber atau
literatur tentang unsur-unsur konstitusi
menganalisis substansi konstitusi negara, ciri sebuah konstitusi dan
konstitusi Indonesia
|
·
Menguraikan unsur sebuah konstitusi dan macam-macam
konstitusi
·
Menyimpulkan ciri sebuah konstitusi bagi negara
tertentu
·
Menganalisis substansi konstitusi Indonesia
|
o Non tes:
Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis
(Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
o
Presentasi
|
2 x 45
|
· Buku
Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan
Setiadi. Hal 106-110.
· Mimbar Demokrasi,
Jurnal Ilmiah, Jurusan Ilmu Sosial Politik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas
Negeri Jakarta, Vol 5, No. 1, Oktober 2005
|
4.3 Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara
Kesatuan Republik Indonesia
|
Kedudukan Pembukaan UUD 1945 NKRI
o Pokok pikiran
pembukaan UUD 1945
o Kedudukan Pembukaan
dalam UUD 1945
o Makna setiap alinia
dalam pembukaan
|
Mengkaji UUD 1945 tentang pokok pikiran, makna tiap alinia yang terdapat
dalam pembukaan UUD 1945
Berdiskusi hasil kajian tentang kedudukan pembukaan terhadap UUD 1945
|
·
Mendeskripsikan pokok pikiran yang terdapat dalam
pembukaan UUD 1945
·
Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945
·
Menguraikan makna tiap alinia yang terdapat dalam
pembukaan UUD 1945
|
o Non tes:
Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis
(Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
o
Presentasi
|
2 x 45
|
· Buku
Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan
Setiadi. Hal 110-113.
· H. Dahlan Thaib Dr.
dkk (1999), Teori dan Hukum Konstitusi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta
|
4.4 Menunjukkan
sikap positif terhadap konstitusi
negara
|
Periodisasi konstitusi Indonesia
o Undang-Undang Dasar
1945 (18 Agustus 1945-27 Desember 1949)
o Konstitusi Republik
Indonesia Serikat (RIS)
o Undang-Undang
Sementara 1950 (17 Agustus 1950-5 Juli 1959)
o (Kembali ke)
Undang-Undang Dasar 1945 (5 Juli 1959-19 Oktober 1999)
o Perubahan
(Amandemen) Undang-Undang dasar 1945
Perubahan Konstitusi
o Kesepakatan dalam
melakukan perubahan konstitusi
o Fungsi perubahan
dalam konstitusi
Sikap positif
terhadap konstitusi negara
|
Mengkaji perubahan UUD 1945 tentang priodisasi konstitusi Indonesia
Mengkaji hasil perubahan UUD 1945 dapat menguraikan fungsi perubahan
sebuah konstitusi, dan bersikap positif terhadap konstitusi negara
|
·
Menunjukkan periodisasi konstitusi Indonesia
·
Mendeskripsikan kesepakatan dasar dalam melakukan
perubahan.
·
Menguraikan fungsi perubahan sebuah konstitusi
·
Menyimpulkan perilaku positif terhadap konstitusi
negara
|
o Non tes:
Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis
(Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
o Presentasi
|
2 x 45
|
· Buku
Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan
Setiadi. Hal 113-123.
· Sekjen Mahkamah
Konstitusi RI. (2005). UUD Negera Republik Indonesia Tahun 1945. Jakarta.
Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia
|
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas
: X
Semester
: 2
Standar Kompetensi :
5. Menghargai persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek
kehidupan
Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit
KOMPETENSI DASAR
|
Materi Pembelajaran
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
5.1
Mendeskripsikan kedudukan warga negara dan
pewarganegaraan di Indonesia
|
Warga negara dan pewarganegaraan
o
Dasar hukum yang mengatur warga negara
o
Asas dan stesel dalam kewarganegaraan
o
Syarat menjadi warga negara
o
Hal yang menyebabkan kehilangan kewarganegaraan
|
Melalui kajian literatur tentang warga negara sesuai hukum yang berlaku
Berdiskusi berbagai kasus kewarganegaraan syarat menjadi warga negara,
penyebab kehilangan kewarganegaraan dan asas kewarganegaraan
|
·
Mendeskripsikan kedudukan warga negara yang diatur
dalam UUD 1945
·
Menguraikan persyaratan untuk menjadi warga negara Indonesia dan hal yang menyebabkan
hilangnya status kewarganegaraan
·
Menjelaskan asas kewarganegaraan yang berlaku secara
umum
|
o Non tes:
Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis
(Uraian, pilihan ganda, bentuk
lainnya)
o
Presentasi
|
4 x 45
|
·Buku
Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan
Setiadi. Hal 129-136.
·CT. Kansil (1976),
Aku warga negara Indonesia, Jakarta,
·UU tentang
Kewarganegaraan
|
5.2
Menganalisis persamaan kedudukan warga negara dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara
|
Persamaan kedudukan warga negara
o
Landasan yang menjamin persamaan kedudukan warga negara
o
Berbagai aspek persamaan kedudukan setiap warga negara
o
Contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan
warga negara
|
Mengkaji berbagai literatur tentang kedudukan warga negara dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang diatur dalam
Undang-undang
Mendiskusikan tentang perilaku yang mencerminkan pelaksanaan persamaan
kedudukan yang diatur oleh UU yang berlaku
|
·
Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
·
Mendeskripsikan landasan persamaan kedudukan warga
negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
·
Memberikan contoh perilaku yang menampilkan persamaan
kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
o Non tes:
Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis
(Uraian, pilihan ganda, bentuk
lainnya)
o
Presentasi
|
2 x 45
|
· Buku
Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan
Setiadi. Hal 136-144.
· UUD 1945
|
5.3. Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender,
golongan, budaya, dan suku
|
o
Persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, jender,
golongan, budaya, dan suku
|
Mendiskusikan tentang persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender,
golongan, budaya, dan suku
|
·
Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender,
golongan, budaya, dan suku
·
Mengidentifikasi ciri ras, agama, gender, golongan,
budaya, dan suku secara garis besar
·
Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender,
golongan, budaya, dan suku
|
o
Non tes: Performance tes (tugas kelompok
o
Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o
Presentasi
|
2 x 45
|
· Buku
Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan
Setiadi. Hal 145-149.
· Buletin, surat
kabar dan sumber lain yang relevan
|
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas
: X
Semester
: 2
Standar Kompetensi : 6. Menganalisis sistem
politik di Indonesia
Alokasi Waktu : 12 X 45 Menit
KOMPETENSI DASAR
|
Materi Pembelajaran
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
6.1 Mendeskripsikan suprastruktur dan infrastruktur
politik di Indonesia
|
Suprastruktur dan infrastruktur politik
o Pengertian sistem
politik Indonesia
-
Ciri-ciri umum sistem politik
-
Model sistem politik
o Cara berpolitik
melalui Suprastruktur politik atau lembaga formal negara
o Infrastruktur
kelompok kekuatan politik dalam masyarakat
-
partai politik
-
kelompok kepentingan
-
kelompok penekan
-
media komunikasi politik
-
tokoh politik
|
Mengkaji literatur tentang
pengertian sistem politik Indonesia
Mendiskusikan
tentang eksistensi suprastruktur dan infrastruktur politik di Indonesia
|
·
Mendiskripsikan pengertian sistim politik Indonesia
·
Mendeskripsikan suprastruktur politik Indonesia
·
mendeskripsikan infrastruktur politik
|
o
Non tes: Performance tes (tugas kelompok
o
Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o
Presentasi
|
4 X 45
|
· Buku
Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan
Setiadi. Hal 155-170.
· Afan Gafar ( 2002)
Civic education, Jakarta, Universitas Islam Negeri
|
6.2
Mendeskripsikan perbedaan sistem politik di berbagai
negara
|
Sistem politik Indonesia dan sistem politik di berbagai negara
o Sistem politik
Indonesia
o Dinamika politik dalam
pelaksanaan sistem politik di Indonesia
o Sistem politik di
berbagai negara
|
Menganalisis
berbagai sumber bacaan tentang dinamika politik Indonesia,
Membandingkan
sistem politik Indonesia dengan yang berlaku di berbagai negara
|
·
Menguraikan dinamika politik Indonesia
·
Menunjukkan kelebihan dan kelemahan sistim politik yang
dianut Indonesia
·
Mendeskripsikan perbedaan sistim politik Indonesia
dengan sistem politik di berbagai negara
|
o
Non tes: Performance tes (tugas kelompok
o
Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o
Presentasi
|
4 X 45
|
· Buku
Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
dan Setiadi. Hal 170-181.
· Buku yang relevan,
media cetak dan media elektronik
|
6.3 Menampilkan peran serta dalam sistem politik di Indonesia
|
Peran serta dalam sistem politik
di Indonesia
o Ciri masyarakat
politik
o Menunjukkan
perilaku politik yang sesuai aturan
o Contoh peran serta
dalam sistem politik
|
Menganalisis berbagai literatur tentang ciri-ciri masyarakat politik
Mendemontrasikan perilaku dan
berperan aktif dalam sistem politik di Indonesia
|
·
Mengidentifikasikan ciri – ciri masyarakat politik
·
Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan
·
Mensimulasikan salah satu kegiatan politik yang
diselenggarakan oleh pemerintah ( Pemilu )
·
Berperan serta secara aktif dalam sistim politik di
Indonesia
|
o
Non tes: Performance tes (tugas kelompok
o
Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o
Presentasi
|
4 X 45
|
· Buku
Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
· Buku yang relevan,
media cetak dan media elektronik
|
0 komentar:
Posting Komentar