silabus pkn SMK



SILABUS
Mata Pelajaran              : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                             : X
Semester                       : 1
Standar Kompetensi         :1.  Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
Alokasi waktu                : 8 X 45 Menit

KOMPETENSI DASAR
Materi Pembelajaran
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1  Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara








Hakikat bangsa

o  Pengertian dan unsur-unsur terbentuknya negara

-       Rakyat
-       Wilayah
-       Pemerintah yang berdaulat
-       Pengakuan dari negara lain

Mengkaji berbagai literatur tentang hakikat bangsa dan negara.

Mendiskusikan hasil kajian literatur Pengertian dan unsur terbentuknya bangsa, Pengertian Negara dan unsur-unsur terbentuknya negara




·         Mendeskripsikan hakikat bangsa dan negara
·         Menguraikan  pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa
·         Menganalisis  pengertian negara dan unsur  terbentuknya Negara




o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o  Presentasi





2 x 45
















·    Buku Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan Setiadi Hal.1-13

·    Darji Darmo-diharjo (1990), Pendidiikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Malang: Penerbit IKIP Malang

·    Budiyanto (1999), Tata negara untuk SMA, Jakarta  Penerbit Erlangga

1.2  Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan 

Negara dan bentuk-bentuk kenegaraan


o  Hakikat dan asal mula terbentuknya negara

o  Bentuk Negara dan bentuk knegaraan

-         Bentuk negara
-         Bentuk Kenegaraan


Mengkaji informasi dari berbagai sumber  tentang pengertian, asal mula terjadinya Negara

Mendiskusikan hasil kajian literatur pentingnya pengakuan suatu negara dari negara lain dan bentuk-bentuk kenegaraan




·         Menganalisis  pengertian Negara



·         Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara
·         Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara
·         Membandingkan bentuk-bentuk kenegaraan

o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o  Presentasi


2 x 45


·  Buku Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 13-24.

·  Musthafa Kamal Pasha, B.Ed,(2002), Pendidikan Kewarganegaraan (Civics Education), Yogyakarta: Citra Karsa Mandiri.

1.3  Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI


o  Tujuan dan Fungsi Negara

-         Berbagai teori tentang tujuan negara
-         Berbagai teori tentang fungsi negara

o  Negara Kesatuan Republik Indonesia
-         Hakikat NKRI
-         Cita-cita, tujuan, dan visi NKRI


Mengkaji dari berbagai buku sumber tentang fungsi negara secara universal

Mendiskusikan hasil kajian literatur teori tentang fungsi dan tujuan negara serta tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia




·         Menguraikan pengertian dan fungsi negara


·         Membandingkan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan Negara








·         Mendeskripsikan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia

o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o  Presentasi

2 x 45

·  Buku Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 24-32.

·  Idrus Affandi, (1997), tata negara, Jakarta: Depdikbud- balai pustaka
1.4  Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara


Semangat kebangsaan (nasionalisme dan patriotisme)

o  Makna nasionalisme

o  Bentuk-bentuk nasionalisme

o  Makna patriotisme


Mengkaji dari literatur tentang semangat kebangsaan dan patriotisme dan nasionalisme Indonesia, macam-macam perwujudan nasionalisme

Mendiskusikan hasil kajian literatur tentang pengertian nasionalisme serta menunjukkan bersikap positif terhadap nasionalisme dan patriotisme Indonesia



·     Mendeskripsikan makna semangat kebangsaan
·     Menguraikan macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan
·     Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan



·     Menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia

o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o  Presentasi



2 x 45


·  Buku Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 32-40.

·  Anhar Gonggong (2002), Nasionalisme sebuah kajian sejarah, (makalah sarasehan antar generasi) Departemen Sosial, Jakarta

·  Hans Kohn (1961), Nasionalisme arti dan sejarahnya, Jakarta: PT Pembangunan Djakarta.

Mata Pelajaran              : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                            : X
Semester                       : 1
Standar Kompetensi       : 2. Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional
Alokasi Waktu                : 10 X 45 Menit

KOMPETENSI DASAR
Materi Pembelajaran
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
2.1  Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional







Pengertian sistem hukum
o   Pengertian hukum
o   Ciri-ciri dan unsur hukum
o   Penggolongan hukum
o   Sumber hukum material dan sumber hukum formal
o   Tata hukum Indonesia
Menganalisis berbagai buku sumber tentang  pengertian sistem hukum, ciri-ciri unsur hukum, dan penggolongan hukum.
Mendiskusikan hasil kajian tentang sumber hukum material dan formal, serta tata hukum Indonesia.


·         Mendeskripsikan pengertian hukum






·         Menentukan macam-macam penggolongan Hukum
·         Mendeskripsikan sumber hukum formal dan material



·         Menjelaskan sistem tata hukum Indonesia
o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o  Presentasi




2 x 45














·  Buku Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 47-53

·  Soehino (1987) Ilmu Negara, Jakarta

·  Sudargo Gautama (1987), Hukum Perdata Internasional Indonesia, Jakarta, Alumni
2.2  Menganalisis peranan lembaga-lembaga peradilan









Peranan Lembaga-lembaga peradilan nasional

o   Lembaga Peradilan di Indonesia
o   Alat kelengkapan peradilan
o   Tingkatan, peranan, dan fungsi lembaga peradilan

Mengkaji berbagai literatur tentang perangkat lembaga peradilan
Berdiskusi kelompok hasil kajian tentang macam-macam lembaga peradilan dan peranan lembaga peradilan

Melihat praktek peradilan pada tingkat pengadilan negeri


·         Menguraikan perangkat lembaga peradilan


·         Menganalisis macam-macam lembaga peradilan
·         Menganalisis peranan lembaga peradilan
·         Menganalisis pelaksanaan lembaga peradilan





o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o  Presentasi Laporan



2 x 45












· Buku Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 53-57.

·  UU kehakiman Republik Indonesia

·  Lembaga pemasyarakatan










2.3 Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku

Sikap taat terhadap hukum
o   Contoh perbuatan yang bertentangan dengan hukum
o   Sanksi Hukum
Berdiskusi tentang sikap taat pada hukum
Menganalisis macam-macam perbuatan yang bertentangan dengan hukum dan sanksinya

·         Menunjukkan contoh sikap taat terhadap  hukum
·         Menganalisis macam-macam perbuatan yang bertentangan dengan hukum


·         Menganalisis macam-macam sanksi sesuai hukum yang berlaku

o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk  lainnya)
o  Presentasi

2 x 45

· Buku Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 58-61.

· Berbagai media cetak dan elektronik
2.4  Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia

Korupsi dan dasar Hukum Pemberantasannya
o Pengertian Korupsi

o Klasifikasi perbuatan korupsi
Mengkaji dari berbagai literatur tentang aturan dan berbagai perbuatan yang termasuk dalam korupsi

Mengkaji media cetak tentang contoh  pemberantasan korupsi di Indonesia

·         Mendeskripsikan macam-macam aturan tentang pemberantasan korupsi





·         Menganalisis macam-macam perbuatan yang berkategori korupsi
·         Menunjukkan contoh tindak pidana korupsi yang telah dikenakan sanksi
o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk  lainnya)
·        Presentasi


2 x 45

· Buku Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 62-66

· Kumpulan naskah yang dikeluarkan oleh KPK

2.5  Menampilkan peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia

Pemberantasan korupsi di Indonesia
o Macam- macam Gerakan dan organisasi anti korupsi
o Sikap diri anti korupsi

Menelaah berbagai literatur tentang korupsi tentang perbuatan sikap anti korupsi

Mendiskusikan tentang  macam- macam perbuatan anti korupsi

·         Menunjukkan contoh gerakan/ organisasi anti korupsi
·         Menganalisis macam-macam perbuatan anti korupsi

·         Menampilkan sikap anti korupsi
·       Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
·       Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
·           Presentasi

2 x 45

· Buku Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 67-72

· Media cetak dan elektronik













Mata Pelajaran              : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                             : X
Semester                        : 1
Standar Kompetensi         : 3. Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM) 
Alokasi Waktu                :  6 X 45 Menit

KOMPETENSI DASAR
Materi Pembelajaran
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
3.1     Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM











Pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM

o   Pengertian dan HAM
o   Sejarah HAM
o   Jenis HAM
o   Upaya pemerintah dalam menegakkan HAM
o   Intrumen atau dasar hukum HAM
o   Peran masyarakat dalam menegakan HAM

Mengkaji dari berbagai pustaka (buku paket dan  sumber lain)  tentang pengertian, macam- macam instrumen HAM


Mendiskusikan artikel tentang upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM yang dilakukan pemerintah, individu dan masyarakat

·          Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM yang dilakukan pemerintah














·          Menentukan instrumen HAM nasional

·          Mendeskripsikan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat
o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk  lainnya)
o  Presentasi









2 x 45





















·   Buku Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 79-84

·   Fakih Mansour, Antonius M. Indrianto, Eko Prasetyo, (2003), Menegakkan Keadilan dan Kemanusiaan, Pogunglor C-145, Yogyakarta: Insist Press.

·   Mansyur Effendi, ( 1993), HAM, Jakarta, GI

3.2     Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan   HAM di Indonesia












Peran serta dalam pemajuan, penghormatan, dan penegakan   HAM di Indonesia
o   Proses pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM
o   Pelanggaran HAM dan penangganan kasus pelanggaran HAM
o   contoh perilaku yang sesuai dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM di Indonesia



Mengkaji berbagai sumber tentang proses penegakkan HAM,  menentukan sikap, perilaku yang sesuai dengan  upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan   HAM di Indonesia

Melalui pengamatan dapat  mengilustrasikan dan menyimpulkan contoh perilaku dalam penegakkan HAM


·          Menguraikan proses dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM








·          Mengilustrasikan berbagai kasus pelanggaran  HAM




·          Menyimpulkan contoh perilaku yang dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM di Indonesia


o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk  lainnya)

o  Presentasi











2 x 45
















· Buku Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 84-90.

· UU HAM

· Munir (2003), HAM dan posisi Hukum, LPTHI Ikadin, Jakarta











3.3     Mendeskripsikan instrumen hukum dan peradilan internasional  HAM

Instrumen hukum dan peradilan internasional  HAM
o   Instrumen HAM Internasional
o   Kasus –kasus pelanggaran HAM internasional
o   Proses dan sanksi pelanggaran HAM pada Peradilan Internasional
Mengkaji beberapa  literatur dan sumber bacaan tentang instrumen hukum dan peradilan internasional  HAM serta menunjukkan bentuk pelanggaran HAM internasional



·          Mendeskripsikan instrumen HAM internasional




·          Menunjukkan bentuk-bentuk pelanggaran HAM internasional


·          Mendeskripsikan sanksi dan pelanggaran HAM pada peradilan Internasional

o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk  lainnya)
o  Presentasi


2 x 45

·  Buku Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 90-97.

·  Aturan HAM Internasional


Mata Pelajaran              : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                             : X
Semester                        : 2
Standar Kompetensi        : 4. Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi
Alokasi Waktu                : 10 X 45 Menit

KOMPETENSI DASAR
Materi Pembelajaran
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
4.1 Mendeskripsikan hubungan   dasar negara dengan konstitusi


Hubungan dasar negara dan konstitusi negara
o  Pengertian dasar negara
o  Pengertian konstitusi
o  Hubungan dasar negara dengan  konstitusi
Mengkaji berbagai literatur tentang pe-ngertian dasar negara dan konsitusi.

Berdiskusi tentang keterkaitan antara dasar negara dengan  konstitusi
·          Mendeskripsikan pengertian dasar negara
·          Mendeskripsikan pengertian konstitusi negara



·          Menyimpulkan keterkaitan dasar negara dengan konstitusi di sebuah negara


o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
o  Presentasi
4 x 45











· Buku Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 103-106.

· J.C.T.Simorangkir, SH., Dr. (1986), Hukum dan Konstitusi Indonesia, Jakarta: PT: Gunung Agung.

4.2 Menganalisis substansi konstitusi negara








Substansi konstitusi negara
o   Unsur sebuah konstitusi
o   Macam-macam konstitusi

o   Ciri konstitusi bagi negara tertentu
o   Substansi konstitusi Indonesia
Mengkaji beberapa  buku sumber atau literatur tentang unsur-unsur konstitusi
menganalisis substansi konstitusi negara, ciri sebuah konstitusi dan konstitusi Indonesia

·          Menguraikan unsur sebuah konstitusi dan macam-macam konstitusi









·        Menyimpulkan ciri sebuah konstitusi bagi negara tertentu

·         Menganalisis substansi konstitusi Indonesia
o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
o  Presentasi


2 x 45











· Buku Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 106-110.

· Mimbar Demokrasi, Jurnal Ilmiah, Jurusan Ilmu Sosial Politik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Vol 5, No. 1, Oktober 2005
4.3 Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia


Kedudukan Pembukaan UUD 1945 NKRI
o  Pokok pikiran pembukaan UUD 1945
o  Kedudukan Pembukaan dalam UUD 1945
o  Makna setiap alinia dalam pembukaan
Mengkaji UUD 1945 tentang pokok pikiran, makna tiap alinia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945

Berdiskusi hasil kajian tentang kedudukan pembukaan terhadap UUD 1945

·          Mendeskripsikan pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945



·          Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945


·           Menguraikan makna tiap alinia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945

o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
o  Presentasi

2 x 45












· Buku Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 110-113.

· H. Dahlan Thaib Dr. dkk (1999), Teori dan Hukum Konstitusi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta


4.4 Menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi  negara



Periodisasi konstitusi Indonesia
o  Undang-Undang Dasar 1945 (18 Agustus 1945-27 Desember 1949)
o  Konstitusi Republik Indonesia Serikat (RIS)
o  Undang-Undang Sementara 1950 (17 Agustus 1950-5 Juli 1959)
o  (Kembali ke) Undang-Undang Dasar 1945 (5 Juli 1959-19 Oktober 1999)

o  Perubahan (Amandemen) Undang-Undang dasar 1945

Perubahan Konstitusi

o  Kesepakatan dalam melakukan perubahan konstitusi

o  Fungsi perubahan dalam konstitusi

Sikap positif terhadap konstitusi negara
Mengkaji perubahan UUD 1945 tentang priodisasi konstitusi Indonesia

Mengkaji hasil perubahan UUD 1945 dapat menguraikan fungsi perubahan sebuah konstitusi, dan bersikap positif terhadap konstitusi negara
·          Menunjukkan periodisasi konstitusi Indonesia






































·          Mendeskripsikan kesepakatan dasar dalam melakukan perubahan.



·          Menguraikan fungsi perubahan sebuah konstitusi


·          Menyimpulkan perilaku positif terhadap konstitusi negara

o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
o  Presentasi

2 x 45
· Buku Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 113-123.

· Sekjen Mahkamah Konstitusi RI. (2005). UUD Negera Republik Indonesia Tahun 1945. Jakarta. Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia





Mata Pelajaran               : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                             : X
Semester                        : 2
Standar Kompetensi         : 5. Menghargai  persamaan  kedudukan warga negara dalam berbagai aspek kehidupan
Alokasi Waktu                : 8 X 45 Menit

KOMPETENSI DASAR
Materi Pembelajaran
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
5.1     Mendeskripsikan kedudukan warga negara dan pewarganegaraan di Indonesia






Warga negara dan pewarganegaraan
o   Dasar hukum yang mengatur warga negara
o   Asas dan stesel dalam kewarganegaraan
o   Syarat menjadi warga negara
o   Hal yang menyebabkan kehilangan kewarganegaraan
Melalui kajian literatur tentang warga negara sesuai hukum yang berlaku


Berdiskusi berbagai kasus kewarganegaraan syarat menjadi warga negara, penyebab kehilangan kewarganegaraan dan asas kewarganegaraan

·          Mendeskripsikan kedudukan warga negara yang diatur dalam UUD 1945





·          Menguraikan persyaratan untuk menjadi warga negara  Indonesia dan hal yang menyebabkan hilangnya status kewarganegaraan
·          Menjelaskan asas kewarganegaraan yang berlaku secara umum

o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk  lainnya)
o  Presentasi



4 x 45













·Buku Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 129-136.

·CT. Kansil (1976), Aku warga negara Indonesia, Jakarta,

·UU tentang Kewarganegaraan
5.2     Menganalisis persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara









Persamaan kedudukan warga negara
o   Landasan yang menjamin persamaan kedudukan warga negara
o   Berbagai aspek persamaan kedudukan setiap warga negara
o   Contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara
Mengkaji berbagai literatur tentang kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang diatur dalam Undang-undang

Mendiskusikan tentang perilaku yang mencerminkan pelaksanaan persamaan kedudukan yang diatur oleh UU yang berlaku

·          Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
·          Mendeskripsikan landasan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara





·          Memberikan contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk  lainnya)
o  Presentasi




2 x 45







· Buku Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 136-144.

· UUD 1945





5.3. Menghargai persamaan kedudukan warga negara   tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku
o  Persamaan kedudukan warga negara   tanpa membedakan ras, agama, jender, golongan, budaya, dan suku

Mendiskusikan tentang persamaan kedudukan warga negara   tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku
·          Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara   tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku
·          Mengidentifikasi ciri ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku secara garis besar
·          Menghargai persamaan kedudukan warga negara   tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku
o   Non tes: Performance tes (tugas kelompok
o   Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o   Presentasi

2 x 45
· Buku Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 145-149.

· Buletin, surat kabar dan sumber lain yang relevan

Mata Pelajaran               : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                             : X
Semester                        : 2
Standar Kompetensi        : 6. Menganalisis sistem politik di Indonesia
Alokasi Waktu                : 12 X 45 Menit

KOMPETENSI DASAR
Materi Pembelajaran
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
6.1 Mendeskripsikan suprastruktur dan infrastruktur politik di Indonesia








Suprastruktur dan infrastruktur politik
o  Pengertian sistem politik Indonesia
-     Ciri-ciri umum sistem politik
-     Model sistem politik

o  Cara berpolitik melalui Suprastruktur politik atau lembaga formal negara

o  Infrastruktur kelompok kekuatan politik dalam masyarakat
-     partai politik
-      kelompok kepentingan
-      kelompok penekan
-      media komunikasi politik
-      tokoh politik


Mengkaji literatur tentang pengertian sistem politik Indonesia

Mendiskusikan tentang eksistensi suprastruktur dan infrastruktur politik di Indonesia


·          Mendiskripsikan pengertian sistim politik Indonesia













·          Mendeskripsikan suprastruktur politik Indonesia






·          mendeskripsikan infrastruktur politik


o   Non tes: Performance tes (tugas kelompok
o   Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o   Presentasi


4 X 45











· Buku Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 155-170.

· Afan Gafar ( 2002) Civic education, Jakarta, Universitas Islam Negeri
6.2     Mendeskripsikan perbedaan sistem politik di berbagai negara






Sistem politik Indonesia dan sistem politik di berbagai negara
o   Sistem politik Indonesia
o   Dinamika politik dalam pelaksanaan sistem politik di Indonesia
o   Sistem politik di berbagai negara
Menganalisis berbagai sumber bacaan tentang dinamika politik Indonesia,

Membandingkan sistem politik Indonesia dengan yang berlaku di berbagai negara

·          Menguraikan dinamika politik Indonesia



·          Menunjukkan kelebihan dan kelemahan sistim politik yang dianut Indonesia

·          Mendeskripsikan perbedaan sistim politik Indonesia dengan sistem politik di berbagai negara
o   Non tes: Performance tes (tugas kelompok
o   Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o   Presentasi


4 X 45










· Buku Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 170-181.

· Buku yang relevan, media cetak dan media elektronik
6.3 Menampilkan peran serta  dalam sistem politik di Indonesia


Peran serta  dalam sistem politik di Indonesia
o   Ciri masyarakat politik

o   Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan

o   Contoh peran serta dalam sistem politik
Menganalisis berbagai literatur tentang ciri-ciri  masyarakat politik

Mendemontrasikan  perilaku dan berperan aktif dalam sistem politik di Indonesia
·          Mengidentifikasikan ciri – ciri masyarakat politik







·          Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan
·          Mensimulasikan salah satu kegiatan politik yang diselenggarakan oleh pemerintah ( Pemilu )
·          Berperan serta secara aktif dalam sistim politik di Indonesia
o   Non tes: Performance tes (tugas kelompok
o   Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o   Presentasi



4 X 45
· Buku Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti

· Buku yang relevan, media cetak dan media elektronik





Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar