Javascrip - pengenalan javascrip dalam html


JavaScript yang sebenarnya dikembangkan oleh Netscape. JavaScript adalah skrip yang didukung oleh banyak web browser. Jadi JavaScript adalah bahasa pemrograman yang di  interpretasikan dan digabungkan kedalam halaman web. Di interpretasikan berarti didalam sebuah halaman web jika kode dari JavaScript akan dijalankan jika ada keadaan yang memicu.
  
    Ketika kode di eksekusi itu akan diinterpretasikan satu baris setiap waktu. Ini adalah beberapa kejadian yang dapat memicu pengeksekusian JavaScript, seperti mengklik sebuah tombol di layar atau sedang menyelesaikan halaman web yang di load...

   Memasukkan Client Side Javascript kedalam halaman Web
   JavaScript ditambahkan kedalam halaman web menggunakan Script Tag. Script Tag ini seharusnya diletakkan didalam bagian kepala dari dokumen. Jika browser lama sepertinya pada halaman web yang berisi script akan dihindarinya, browser yang lama dibuat untuk menghindari tag yang tidak bisa di intepretasikan.

   Kode JavaScript seharusnya diletakkan didalam HTML dengan menggunakan set tag komentar.
   Contoh : <!-- code -->
   Ketika digunakan dengan javascript komentar tag yang terakhir selalu diawali dengan dua garis miring //, yang mana itu adalah kode javascript untuk komentar. Ini akan memberitahu intepreter Javascript untuk menghindari pernyataan tersebut. Ini adalah cara standar untuk menambahkan JavaScript kedalam halaman HTML, jadi supaya dapat bekerja terhadap browser yang mendukung javascript dan supaya tidak diakses untuk browser yang tidak mendukung javascript.
   <html>
   <head>
   <title>Halaman Web yang berisi JavaScript</title>
   <script languange="JavaScript">
   <!-- sembunyikan kode JavaScript dari browser yang tidak mendukung JavaScript
        .
        . pernyataan javascript disini
        .
    // baris terakhir menyembunyikan kode JavaScript
   </script>
   </head>
   <body>
      (dokumen html ditulis disini)
   </body>
   </html>
Dalam penulisan JavaScript kita harus mempunyai aturan - aturan yang harus kita ketahui.

case - sensitify:
JavaScript adalah bahasa yang case-sensitive, yang berarti huruf kecil dan huruf besar itu dibedakan. Seperti "nama" dan "NAMA" dan "Nama" adalah tidak sama.

TitikKoma:

Semua pernyataan harus diakhiri dengan tanda titik koma ";". Tanda titik koma ini berfungsi untuk memisahkan pernyataan yang satu dengan pernyataan yang lain.

White Space
:
JavaScript seperti HTML, menghindari spasi, tabulasi dan garisbaru yang tampak pada pernyataan.
Contoh var a=1; sama dengan var a = 1;
Contoh diatas akan menghasilkan keluaran yang sama. dan itu adalah ide yang baik untuk memberi beberapa spasi dalam kode anda untuk membuat lebih mudah untuk dibaca.

Kalimat dan Tanda Petik

Kalimat adalah karakter kosong atau lebih yang diapit dengan tanda petik tunggal atau tanda petik ganda.
Tanda petik ganda dapat ditemukan diantara kalimat yang diawali dan diakhiri dengan tanda petik tunggal ('Dia bicara," JavaScript adalah bahasa yang menarik." ')
Tanda petik tunggal dapat digunakan diantara kalimat yang tidak dibatasi dengan tanda petik ganda.
Contoh : <input type="button" value="Klik Saya" onclick="window.alert('Kamu klik saya');">

Garis miring kiri dan Kalimat
Jika kita ingin menuliskan kamu di baris kesatu, dan klik dibaris kedua saya dibaris ke tiga.
Maka kita dapat menggunakan sintaks ini.
'Kamu\nKlik\nSaya'.
\n itu menghasilkan turun kebawah satu baris. Hasilnya akan tampak seperti di bawah ini.
Kamu
Klik
Saya
Garis Miring Kiri dan kombinasi karakter yang lain akan menghasilkan keluaran yang lain pula.
\b backspace
\f  formfeed
\n newline
\r  carriage return
\t  tab
\'  single quotes
\" double quotes

Penanda Pembuka dan Penutup
Semua penanda yang terbuka haruslah tertutup. Itu sudah termasuk (),[ ], dan { }.
i.e winpop = window.open('ex1.htm','popup','scrollbars=yes');
if (x[0] == 10 ) {
   x[0] = 0;
   x[1] = 1;
}

Pada tanda { } digunakan untuk menuliskan pernyataan JavaScript yang berjumlah banyak.
Pada tanda [ ] digunakan untuk data spesial yaitu array
Pada tanda ( ) digunakan untuk pengisian metode atau fungsi - fungsi yang digunakan

Komentar
Anda dapat menambahkan komentar didalam javascript dengan terlebih dahulu menuliskan forward slashes sebanyak dua. Contoh :
// ini adalah komentar

Atau jika anda ingin menggunakan komentar yang terdiri dari beberapa baris maka anda dapa tmenggunakan tanda yang diawali "/*" dan di akhiri "*/".
Contoh :
/* komentar yang biasa digunakan oleh para pembuat program
   untuk meninggalkan sebuah pesan tentang logika program mereka, jadi pada saat
   mereka kembali untuk merubah atau orang lain yang membutuhkan untuk merubah
   mereka dapat mengerti apa yang di inginkan pembuat program pada saat itu */

Variabel dan Nama Fungsi
Didalam bagian ini anda akan saya perkenalkan tentang variabel dan fungsi. Sebagai programer anda harus memilih dan memberikan sebuah nama. Dan nama dari variabel dan fungsi tersebut harus mengikuti beberapa aturan yang berlaku dan sangat simpel.

1.  Karakter pertama harus berupa huruf (huruf kecil maupun huruf besar) dan garis bawah _     atau tanda dolar $. Tanda dolar tidak direkomendasikan karena mereka tidak didukung oleh     javascript dibawah versi 1.1
2. Anda tidak dapat menggunakan angka untuk karakter pertama dari nama.
3. Nama tidak dapat berisi spasi ( ruang kosong sebanyak satu karakter atau lebih)
4. Nama tidak boleh sama dengan nama standar yang ada pada JavaScript.

Ini adalah contoh beberapa nama yang bisa digunakan :
x
nama_depan
n_1
_contoh
$tanda

Saya anjurkan anda untuk menjelaskan sebuah nama dari variabel dan fungsi anda menggunakan format penulisan standar. Dua format yang biasa digunakan yaitu menggunakan garis bawah untuk mengganti spasi atau huruf besar pada huruf pertama dari seluruh kalimat. Contoh :
nama_depan
namaDepan

Kata Standar dalam JavaScript
Ini adalah kalimat baku yang sudah terdapat didalam JavaScript. Kata ini tidak bisa anda deklarasikan kembali untuk digunakan sebagai variabel atau fungsi karena akan membingungkan penerjemah dalam membedakan antara perintah standar dari JavaScript dan variabel yang anda definisikan

absract            
alert
arguments
Array
blur
boolean
Boolean
break
byte
callee
caller
captureEvents
case
catch
char
class
clearInterval
clearTimeout
close
closed
confirm
const
constructor
continue
Date
debugger
default
defaultStatus
delete
do
document
double
else
enum
escape
eval
export
extends
final
finally
find
float
focus
for
frames
Function
function
goto
history
home
if
implements
import
in
Infinity
innerHeight
innerWidth
instanceof
int
interface
isFinite
isNaN
java
length
location
locationbar
long
Math
menubar
moveBy
moveTo
name
NaN
native
netscape
new
null
Number
Object
open
opener
outerHeight
outerWidth
package
Packages
pageXOffset
pageYOffset
parent
parseFloat
parseInt
personalbar
print
private
prompt
protected
prototype
public
RegExp
releaseEvents
resizeBy
resizeTo
return
routeEvents
scroll
scrollbars
scrollTos
self
setInterval
setTimeout
short
static
status
statusbar
stop
String
super
switch
synchronized
this
throw
throws
top
toString
transient
try
typeof
unescape
unwatch
valueOf
var
void
watch
while
window
with
TRUE
FALSE


Category: 0 komentar

Teknik Kompilasi


Teknik Kompilasi
T U J U A N
Mengetahui Penerapan konsep ilmu komputer pada perilaku komputer yaitu algoritma, arsitektur komputer, stuktur data maupun penerapan teori bahasa dan automata
Compiler adalah merupakan konstruksi inti dari ilmu komputer

ARTI KATA TEKNIK KOMPILASI
Teknik : Metode atau Cara
Kompilasi : Proses mengabungkan serta menterjermahkan sesuatu
(source program) menjadi bentuk lain
Compile : To translate a program written in a high-level programming language into machine language.
Translator :  Compiler & Interpreter
Translator : Adalah suatu program dimana mengambil input sebuah program yang ditulis pada satu bahasa program (source language) ke  bahasa lain (The object on target language)
Jika source language adalah high level language, seperti cobol, pascal, fortran maka object language adalah low-level language atau mesin language. Translator seperti ini disebut COMPILER
Kenapa perlu Translator ?
-Dengan bahasa mesin adalah bahasa bentuk bahasa terendah komputer, berhubungan langsung dengan bagian bagian komputer seperti bits, register & sangat primitive
-Jawaban atas pertanyaan ini akan membingungkan bagi programmer yang membuat program dengan bahasa mesin.
-Bahasa mesin adalah tidak lebih dari urutan 0 dan 1
-Instruksi dalam bahasa mesin bisa saja dibentuk menjadi micro-code, semacam prosedur dalam bahasa mesin
-Bagaimana dengan orang tidak mengerti bahasa mesin
Ada Beberapa Translator
1. Assembler
Source code adalah bahasa assembly, Object code adalah bahasa mesin
*.asm –>assembler–>object code (*.exe/*.com)
2. Compiler
Source code adalah bahasa tingkat tinggi, object code adalah bahasa mesin atau bahasa assembly. Source code dan data diproses berbeda
3. Interpreter
Interpreter tidak menghasilkan bentuk object code, tetapi hasil translasinya hanya dalam bentuk internal, dimana program induk harus selalu ada-berbeda dengan compiler

COMPILER vs INTERPRETER
Compiler bisa menangkap berbagai kesalahan dalam 1 program kode sumber secara sekaligus. Kalau Interpreter cuma bisa menangkap beberapa kesalahan pada 1 baris kode sumber pada suatu saat
Biasanya program yang dihasilkan compiler lebih cepat dari waktu pelaksanaan program dengan interpreter.
Kalau compiler menghasilkan kode antara (misal object code) dan harus digabungkan / dilink menjadi bentuk yang dapat dijalankan mesin / komputer (executable). Kalau Interpreter biasanya tidak menghasilkan kode antara.
Kalau hendak menjalankan program hasil kompilasi bisa dilakukan tanpa kode sumber. Kalau interpreter butuh kode sumber
Kalau dengan kompiler, maka pembuatan kode yang bisa dijalankan mesin dilakukan dalam 2 tahap terpisah, yaitu parsing / pembuatan kode objek dan linking / penggabungan kode objek dengan library. Kalau interpreter tidak ada proses terpisah.
Kalau compiler membutuhkan linker untuk menggabungkan kode objek dengan berbagai macam library demi menghasilkan suatu kode yang bisa dijalankan oleh mesin. Kalau interpreter tidak butuh linker.
Interpreter cocok untuk membuat / menguji coba modul / sub-routine / program-program kecil. Kalau compiler agak repot karena untuk mengubah suatu modul / kode objek kecil, maka harus dilakukan proses linking / penggabungan kembali semua objek dengan library yang diperlukan.
Pada kompiler bisa dilakukan optimisasi / peningkatan kwalitas kode yang bisa dijalankan. Ada yang dioptimasi supaya lebih cepat, ada yang supaya lebih kecil, ada yang dioptimasi untuk sistem dengan banyak processor. Kalau interpreter susah / tidak bisa dioptimasikan
Proses kompilasi dikelompokkan ke dalam dua kelompok besar :
1.analisa : program sumber dipecah-pecah dan dibentuk menjadi bentuk antara (inter-mediate representation)
2.sintesa : membangun program sasaran yang diinginkan dari bentuk
Penganalisa Leksikal
membaca program sumber, karakter demi karakter. Sederetan (satu atau lebih) karakter dikelompokkan menjadi satu kesatuan mengacu kepada pola kesatuan kelompok karakter (token) yang ditentukan dalam bahasa sumber. Kelompok karakter yang membentuk sebuah token dinamakan lexeme untuk token tersebut. Setiap token yang dihasilkan disimpan di dalam tabel simbol. Sederetan karakter yang tidak mengikuti pola token akan dilaporkan sebagai token tak dikenal (unidentified token)
Penganalisa Sintaks
memeriksa kesesuaian pola deretan token dengan aturan sintaks yang ditentukan dalam bahasa sumber. Sederetan token yang tidak mengikuti aturan sintaks akan dilaporkan sebagai kesalahan sintaks (sintax error). Secara logika deretan token yang bersesuaian dengan sintaks tertentu akan dinyatakan sebagai pohon parsing (parse tree)
Penganalisa Semantik
memeriksa token dan ekspresi dari batasan-batasan yang ditetapkan. Batasan-batasan tersebut misalnya :
a. panjang maksimum token identifier adalah 8 karakter,
b. panjang maksimum ekspresi tunggal adalah 80 karakter,
c. nilai bilangan bulat adalah -32768 s/d 32767,
d. operasi aritmatika harus melibatkan operan-operan yang bertipe sama
Pembangkit Kode Antara
membangkitkan kode antara (intermediate code) berdasar-kan pohon parsing. Pohon parse selanjutnya diterjemahkan oleh suatu penerjemah yang dinamakan penerjemah berdasarkan sintak (syntax-directed translator). Hasil penerjemahan ini biasanya merupakan perintah tiga alamat (three-address code) yang merupakan representasi program untuk suatu mesin abstrak. Perintah tiga alamat bisa berbentuk quadruples (op, arg1, arg2, result), tripels (op, arg1, arg2). Ekspresi dengan satu argumen dinyatakan dengan menetapkan arg2 dengan – (strip, dash)
Pengoptimal kode
melakukan optimasi (penghematan space dan waktu komputasi), jika mungkin, terhadap kode antara
Pembangkit Kode Mesin
membangkitkan kode dalam bahasa target tertentu (misalnya bahasa mesin)
Pembuatan compiler
Bahasa mesin
-Sangat sukar dan sangat sedikit kemungkinannya untuk membuat compiler dengan bahasa ini, karena manusia susah mempelajari bahasa mesin,
-Sangat tergantung pada mesin,
-Bahasa Mesin kemungkinan digunakan pada saat pembuatan Assembler
Assembly
-Hasil dari program mempunyai Ukuran yang relatif kecil
-Sulit dimengerti karena statement/perintahnya singkat-singkat, butuh usaha yang besar untuk membuat
-Fasilitas yang dimiliki terbatas
Bahasa Tingkat Tinggi (high level language)
-Lebih mudah dipelajari
-Fasilitas yang dimiliki lebih baik (banyak)
-Memiliki ukuran yang relatif besar, misal membuat compiler pascal dengan menggunakan bahasa C
-Untuk mesin yang berbeda perlu dikembangkan tahapan-tahapan tambahan.
-Misal membuat compiler C pada Dos bedasarkan compiler C pada unix
Bahasa Tingkat Tinggi (Pemrograman )
-Bahasa yang lebih dikenal oleh manusia, maksudnya adalah statement yang digunakan menggunakan bahasa yang dipakai oleh manusia (inggris),
-Bahasa pemrograman didefinisikan dengan menentukan bentuk programnya (sintak) dan arti programnya (semantik)
-Memberikan fasilitas yang lebih banyak, seperti struktur kontrol program yang terstruktur, blok-blok  serta prosedur dan fungsi-fungsi
-Progam mudah untuk di koreksi (debug)
-Tidak tergantung pada salah satu mesin
-Kontrol struktur seperti :  kondisi (if .. Then.. Else ),
perulangan (For, while ), Struktur blok (begin.. End { .. } )
Tingkatan Bahasa Pemrograman
-4GL Language
-High level Language
-Assembly Language
-Machine Language

SKENARIO PERANCANGAN BAHASA PEMROGRAMAN
-Tentukan apa yang diinginkan.
-Tentukan feature yang mungkin
-Tentukan desain dan sesuaikan dengan featurenya
-Tentukan rincian, parsing, dan error checking.
-Tuliskan user manual dan help.
-Evaluasilah, jika salah mulai lagi dari langkah 3.
-Jika sudah benar, optimisasilah dan uji segala kemungkinan.
-Cobakan kepada pengguna, tunggu reaksinya.
-Perbaiki bug dan mulai versi baru.
Tools Bantu Compiler
-Free Compiler Construction Tools
http://www.thefreecountry.com/developercity/compiler.html
-TASSKAF. Bahasa TASSKAF ini merupakan subset dari Java. Dapat disusun suatu program ke byte code yang dapat dijalankan di Java Virtual Machine (JVM).
Pada site tersebut juga tersedia informasi materi kuliah dengan LEX, YACC http://rw4.cs.uni-sb.de/~martin/COMP/TK/
-GENTLE. Gentle ini merupakan perangkat bantu (toolkit) modern untuk menulis compiler dan mengimplemntasikannya pada bahasa tertentu. Perangkat bantu ini mendukung semua proses translasi, dari definisi tree sintaks abstrak, pater matching, smart traversal dan lain sebagainya. Toolkit ini telah digunakan secara luas di riest dan industri .http://www.first.gmd.de/gentle/
-ELI. Merupakan suatu lingkungan pemrograman yang memungkinkan membuat suatu implementasi bahasa pemrograman secara lengkap dari suatu sepsifikasi. Perangkat bantu ini menangani struktural analisis, analisis nama, type, value dlsb dan akan menghasilkan kode C.

Category: 0 komentar

WEB SERVER - Tugas Besar


Tugas besar
PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER
(WEB SERVER LINUX)
                                






OLEH :
HASAN YUSUF (1302090030)
S U D I R M A N (130 209 0031)
KELAS TI.L4.1



PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA
MAKASSAR
 2011


BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Dalam teknologi internet sekarang ini, WEB SERVER merupakan hal yang sangat berperan penting. Pengetahuan dan pengertian tentang WEB SERVER merupakan hal yang mutlak harus dimiliki oleh seorang operator internet. Mulai dari sistem operasi yang digunakan hingga konfigurasi WEB SERVER pada sistem operasi yang berbasis server. Oleh karena itu, makalah ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar mengenai WEB SERVER dan konfigurasi WEB SERVER pada linux ubuntu 10.04.

B. TUJUAN
Makalah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar mengenai definisi, cara kerja WEB SERVER, konfigurasi WEB SERVER, kelebihan dan kekurangan WEB SERVER serta implementasi WEB SERVER sebagai pembelajaran.

C. PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang, maka penulis membatasi dan merumuskan masalah sebagai berikut :
1) Apakah definisi WEB SERVER
2) Kapan Sejarah WEB SERVER
3) Bagaimana Struktur WEB SERVER
4) Apakah Fungsi, kelebihan dan kekurangan WEB SERVER
5) Bagaimana Cara kerja WEB SERVER
6) Bagaimana Konfigurasi WEB SERVER pada Linux Ubuntu 10.04 


METODE PENELITIAN
Pada penyusunan makalah ini dilakukan tahapan sebagai berikut :
1) Studi literatur
Pada tahapan ini dilakukan dengan mempelajari buku, makalah, sumber- sumber terkait dari situs-situs di Internet.
2) Implementasi
Pada tahapan ini, dilakukan implementasi penginstalan dan konfigurasi web Server pada Linux ubuntu 10.04.

E. SISTEMATIKA PENULISAN
Makalah ini terbagi menjadi 6 bab yaitu :
Bab 1 : Bab ini menjelaskan latar belakang dilakukannya penulisan makalah, tujuan penulisan makalah, perumusan masalah, metode penelitian, sistematika penulisan.
Bab 2 : Bab ini menjelaskan mengenai pengertian dasar, sejarah dan cara kerja web Server.
Bab 3 : Bab ini menjelaskan mengenai konfigurasi web server pada Linux ubuntu 10.04
Bab 4 : Bab ini menjelaskan kesimpulan dari webserver.


BAB II
WEB SERVER
1.      Pengertian
Ø  Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia
Ø  menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia
Ø  dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.

2.      Sejarah internet
1969         Dept Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA)
1970         Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail untuk ARPANET
1972         10 komputer yang berhasil dihubungkan sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
                 icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan "at" atau "pada".
1973         ARPANET mulai dikembangkan ke luar AS. Komputer University College (London) - komputer pertama di luar AS menjadi anggota jaringan Arpanet
                 Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan gagasan yang menjadi cikal bakal pemikiran internet di Universitas Sussex
1976         Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern
1977         sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET
1988         Jarko Oikarinen dari Finland menemukan   IRC atau Internet Relay Chat
1990         Thn paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan editor dan browser yang bisa menjelajah  jaringan. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
1992         komputer yang tersambung sejuta lebih, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet
1994         situs internet tumbuh jadi 3000 alamat, muncul virtual-shopping atau e-retail pertama di internet
                 Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

3.      Manfaat internet
Ø  Manfaat akses ke internet sebagai sarana informasi
a)   informasi untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial.
b)   Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi
Ø  Keanggotaan internet tidak mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor.
Ø  Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu.
Ø   
4. Wib Site /Situs
Situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi, gambar gerak, suara, dan atau gabungan dari semuanya
baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan link-link.



Unsur-unsur Web site
a)      Domain Name
b)      Hosting
c)      Script/Bahasa program
d)     Desain web
e)      Publikasi

a)      Domain Name
Alamat internet dari web (disebut juga URL)
URL. Contoh sebuah URL adalah http://www.mira.tripod.com--dapat juga tanpa www—
1.      Generic Domains(gTLDs) (top level domain) tak tergantung negara
.co.id               : Untuk kebutuhan “commercial”
.go.id               : untuk kebutuhan pendidikan (education)
.ac.id               : untuk organisasi non profit (Organization).
.or.id               : untuk pemerintahan (government)
.mil.id             : untuk kebutuhan angkatan bersenjata (military)
.war.net.id      :  warnet
.sch.id             : sekolah SD,SMP,SMA
2. Country-Specific Domains (ccTLDs)
Sering disebut sebagai second level id
.id (Indonesia), .au (Australia), .jp (Jepang) dll
.co.id               : badan usaha sah
.go.id               : pemerintah RI
.ac.id               : pendidikan
.or.id               : organisasi
.mil.id             : militer
.war.net.id      : warnet
.sch.id             : sekolah SD,SMP,SMA
b). Hosting
l  ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di situs
l  Hosting juga diperoleh dengan menyewa
l  Komputer untuk menyewa data-data situs tersebut dinamakan sebagai WEB-SERVER.

C).  Script/bahasa program
l  Script adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang pada saat diakses.
l  Jenis scripts sangat menentukan statis, dinamis atau interaktifnya sebuah situs.
l   Semakin banyak scripts digunakan maka akan terlihat situs semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus.
l  Bahasa dasar yang dipakai setiap situs adalah HTM
l  ASP, PHP, JSP, Java Scripts, Java applets, VBScript
l  Server side Script : ASP,PHP,JSP
l  Browser side Script : JavaScript, SVScript dan Applet 

5. Aplikasi Internet
l  WWW : sistem dimana informasi berbagai bentuk (teks,image,suara) di sharing dengan format HTML dan protokol komunikasi HTTP
l  Electronic-mail (E-mail) : APlikasi yang memungkinkan para pengguna internet dapat bertukar pesn (teks atau bentuk lain)
l  File Transfer: Aplikasi yang memungkinkan pengguna internet mengirim file (UPLOAD) atau meganbil fali (DOWNLOAD). Perankat lunaknya misal CuteFTP , WS_FTP
l  Remote Login : Protokol atau program yang memungkinkan seorang pngguna mengakses (login) kes sebuah terminal (remote host).  Perangkat lunaknya misalnya telnet
l  IRC (Internet Relay Chat) : Bentuk komunikasi di intrenet yang menggunakan sarana baris-baris tulisan. Perangkat lunaknya misalnya mIRC

dalam mencari informasi dari internet, pengguna akan menuju ke sebuah alamat unik internet (misal: www.namawebsite.com) yang disebut nama domain (Domain Name/URL – Uniform Resource Locator) dan menemukan informasi berbentuk teks, gambar diam atau bergerak, animasi bergerak, suara ataupun video dalam sebuah media, yang disebut dengan website atau situs. Website ini dibuka melalui sebuah program penjelajah (Browser) yang berada di sebuah komputer. Program penjelajah yang bisa digunakan dalam komputer diantaranya: IE (Internet Explorer), Mozilla, Firefox, Netscape, Opera .

A. PENGERTIAN WEBSITE ATAU SITUS.
Website atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Bersifat statis apabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. Bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website. Contoh website statis adalah berisi profil perusahaan, sedangkan website dinamis adalah seperti Friendster, Multiply, dll. Dalam sisi pengembangannya, website statis hanya bisa diupdate oleh pemiliknya saja, sedangkan website dinamis bisa diupdate oleh pengguna maupun pemilik.




B. UNSUR-UNSUR DALAM PENYEDIAAN WEBSITE ATAU SITUS.
Untuk menyediakan sebuah website, maka harus tersedia unsur-unsur penunjangnya, adalah sebagai berikut:

1. Nama domain (Domain name/URL – Uniform Resource Locator)
Nama domain atau biasa disebut dengan Domain Name atau URL adalah alamat unik di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website, atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website pada dunia internet. Contoh : http://www.baliorange.net
Nama domain diperjualbelikan secara bebas di internet dengan status sewa tahunan. Setelah Nama Domain itu terbeli di salah satu penyedia jasa pendaftaran, maka pengguna disediakan sebuah kontrol panel untuk administrasinya. Jika pengguna lupa/tidak memperpanjang masa sewanya, maka nama domain itu akan di lepas lagi ketersediaannya untuk umum. Nama domain sendiri mempunyai identifikasi ekstensi/akhiran sesuai dengan kepentingan dan lokasi keberadaan website tersebut. Contoh nama domain ber-ekstensi internasional adalah com, net, org, info, biz, name, ws. Contoh nama domain ber-ekstensi lokasi Negara Indonesia adalah :
o   .co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah
o   .ac.id : Untuk Lembaga Pendidikan
o   .go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia
o   .mil.id : Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia
o   .or.id : Untuk segala macam organisasi yand tidak termasuk dalam kategori “ac.id”,”co.id”,”go.id”,”mil.id” dan lain lain
o   .war.net.id : untuk industri warung internet di Indonesia
o   .sch.id : khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan seperti SD, SMP dan atau SMU
o   .web.id : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di World Wide Web.

2. Rumah tempat website (Web hosting)
Web Hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar, video, data email, statistik, database dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di website. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya web hosting yang disewa/dipunyai, semakin besar web hosting semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam website.
Web Hosting juga diperoleh dengan menyewa. Pengguna akan memperoleh kontrol panel yang terproteksi dengan username dan password untuk administrasi websitenya. Besarnya hosting ditentukan ruangan harddisk dengan ukuran MB (Mega Byte) atau GB (Giga Byte). Lama penyewaan web hosting rata-rata dihitung per tahun. Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan-perusahaan penyewa web hosting yang banyak dijumpai baik di Indonesia maupun Luar Negeri. Lokasi peletakan pusat data (datacenter) web hosting bermacam-macam. Ada yang di Jakarta, Singapore, Inggris, Amerika, dll dengan harga sewa bervariasi.

3. Bahasa Program (Scripts Program).
Adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam website yang pada saat diakses. Jenis bahasa program sangat menentukan statis, dinamis atau interaktifnya sebuah website. Semakin banyak ragam bahasa program yang digunakan maka akan terlihat website semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus.
Beragam bahasa program saat ini telah hadir untuk mendukung kualitas website. Jenis jenis bahasa program yang banyak dipakai para desainer website antara lain HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts, Java applets, XML, Ajax dsb. Bahasa dasar yang dipakai setiap situs adalah HTML sedangkan PHP, ASP, JSP dan lainnya merupakan bahasa pendukung yang bertindak sebagai pengatur dinamis, dan interaktifnya situs.
Bahasa program ASP, PHP, JSP atau lainnya bisa dibuat sendiri. Bahasa program ini biasanya digunakan untuk membangun portal berita, artikel, forum diskusi, buku tamu, anggota organisasi, email, mailing list dan lain sebagainya yang memerlukan update setiap saat.

4. Desain website.
Setelah melakukan penyewaan domain name dan web hosting serta penguasaan bahasa program (scripts program), unsur website yang penting dan utama adalah desain. Desain website menentukan kualitas dan keindahan sebuah website. Desain sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah website.

Untuk membuat website biasanya dapat dilakukan sendiri atau menyewa jasa website designer. Saat ini sangat banyak jasa web designer, terutama di kota-kota besar. Perlu diketahui bahwa kualitas situs sangat ditentukan oleh kualitas designer. Semakin banyak penguasaan web designer tentang beragam program/software pendukung pembuatan situs maka akan dihasilkan situs yang semakin berkualitas, demikian pula sebaliknya. Jasa web designer ini yang umumnya memerlukan biaya yang tertinggi dari seluruh biaya pembangunan situs dan semuanya itu tergantung kualitas designer. Program-program desain website salah satunya adalah Macromedia Firework, Adobe Photoshop, Adobe Dreamweaver, Microsoft Frontpage, dll.

5. Program transfer data ke pusat data.
Para web designer mengerjakan website dikomputernya sendiri. Berbagai bahasa program, data informasi teks, gambar, video, dan suara telah menjadi file-file pendukung adanya website. File tersebut bisa dibuka menggunakan program penjelajah (browser) sehingga terlihatlah sebuah website utuh di dalam komputer sendiri (offline). Tetapi file-file tersebut perlu untuk diletakkan dirumah hosting versi online agar terakses ke seluruh dunia. Pengguna akan diberikan akses FTP (File Transfer Protocol) setelah memesan sebuah web hosting untuk memindahkan file-file website ke pusat data web hosting. Untuk dapat menggunakan FTP diperlukan sebuah program FTP, misalnya WS FTP, Smart FTP, Cute FTP, dll. Program FTP ini banyak ditemui di internet dengan status penggunaan gratis maupun harus membayar. Para web designer pun dapat menggunakan fasilitas FTP yang terintegrasi dengan program pembuat website, misal Adobe Dreamweaver.

6. Publikasi website.
Keberadaan website tidak ada gunanya dibangun tanpa dikunjungi atau dikenal oleh masyarakat atau pengunjung internet. Karena efektif tidaknya situs sangat tergantung dari besarnya pengunjung dan komentar yang masuk. Untuk mengenalkan situs kepada masyarakat memerlukan apa yang disebut publikasi atau promosi.
Publikasi situs di masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti dengan pamlet-pamlet, selebaran, baliho, kartu nama dan lain sebagainya tapi cara ini bisa dikatakan masih kurang efektif dan sangat terbatas. Cara yang biasanya dilakukan dan paling efektif dengan tak terbatas ruang atau waktu adalah publikasi langsung di internet melalui search engine-search engine (mesin pencari, spt : Yahoo, Google, MSN, Search Indonesia, dsb).
Cara publikasi di search engine ada yang gratis dan ada pula yang membayar. Yang gratis biasanya terbatas dan cukup lama untuk bisa masuk dan dikenali di search engine terkenal seperti Yahoo atau Google. Cara efektif publikasi adalah dengan membayar, walaupun harus sedikit mengeluarkan akan tetapi situs cepat masuk ke search engine dan dikenal oleh pengunjung.

C. PEMELIHARAAN WEBSITE.
Untuk mendukung kelanjutan dari situs diperlukan pemeliharaan setiap waktu sesuai yang diinginkan seperti penambahan informasi, berita, artikel, link, gambar atau lain sebagainya. Tanpa pemeliharaan yang baik situs akan terkesan membosankan atau monoton juga akan segera ditinggal pengunjung.
Pemeliharaan situs dapat dilakukan per periode tertentu seperti tiap hari, tiap minggu atau tiap bulan sekali secara rutin atau secara periodik saja tergantung kebutuhan (tidak rutin). Pemeliharaan rutin biasanya dipakai oleh situs-situs berita, penyedia artikel, organisasi atau lembaga pemerintah. Sedangkan pemeliharaan periodik bisanya untuk situs-situs pribadi, penjualan/e-commerce, dan lain sebagainya.


D. PERPANJANGAN MASA SEWA DOMAIN NAME DAN WEB HOSTING.
Perlu dipahami bahwa domain name dan web hosting berstatus sewa. Selama kedua hal itu dibayarkan masa sewa perpanjangannya, maka Anda berhak untuk memilikinya dan mempergunakannya. Banyak terjadi kasus kelupaan dalam memperpanjang masa sewanya, atau sulit untuk menghubungi pihak ketiga (web designer) sebagai perantara pendaftaran awal, maka akan berakibat fatal. Anda akan kehilangan domain name sebagai identitas dalam dunia internet. Pastikan Anda mengingat untuk memperpanjang masa sewanya. Arti penting domain name perlu Anda pahami.




Install XAMPP pada Ubuntu 10.10
Bermain server localhost menggunakan XAMPP pada windows merupakan hal yang biasa saya lakukan. Hal ini biasanya saya lakukan untuk melakukan test terhadap tema blog baru, entah itu hasil download, atau saya buat sendiri, serta edit tema blog yang saya gunakan untuk memasang adsense. Sejak menggunakan Linux Mint 10, saya sangat jarang bisa kembali bermain server localhost atau yang sering saya sebut server bawah tanah. Rasa enggan saya menggunakan synaptic package manager baru pada Linux Mint 10 yang tidak ada lagi menu Mark Package by task, membuat saya tidak pernah mengunduh file-file yang biasa saya gunakan sebagai server seperti apache, phpmyadmin, serta file pendukung yang lain. Namun, sejak ada pertanyaan bagaimana cara install XAMPP atau pada Linux LAMPP pada Ubuntu 10.10, maka saya berusaha untuk mencari tahu cara instalasi LAMPP pada Ubuntu 10.10. Berikut ini cara saya menginstall XAMPP Linux atau LAMPP pada Linux Mint 10 Julia milik saya.

1.      Unduh XAMPP Linux atau LAMPP di http://www.apachefriends.org/en/xampp-linux.html#374 Versi yang saya gunakan adalah versi terbaru, yaitu versi 1.7.3a
2.      Setelah file XAMPP Linux sudah terdownload, buka terminal Linux dan ketikkan perintah:
sudo tar xvfz xampp-linux-1.5.3a.tar.gz -C /opt
Maka file XAMPP akan terekstrak pada folder /opt
3.      Setelah file terekstrak, lanjutkan dengan perintah
sudo /opt/lampp/lampp start
Untuk start XAMPP. Untuk berhenti, gunakan perintah:
sudo /opt/lampp/lampp stop
Untuk mengetahui perintah lain, gunakan perintah:
sudo /opt/lampp/lampp/
4.      Setelah anda melakukan perintah start LAMPP, test pada browser, apakah XAMPP sudah berjalan dengan normal dengan mengetikkan localhost pada address bar. Serta localhost/phpmyadmin untuk mengetahui apakah phpmyadmin sudah berjalan dengan normal. Perintah untuk menghentikan apache dan mysql pada Ubuntu 10.10:
/etc/init.d/apache2 stop
/etc/init.d/mysql stop

localhost XAMPP

phpmyadmin XAMPP

Jika semua yang anda lakukan benar, maka localhost dan phpmyadmin akan dapat anda akses pada browser anda. Jika anda pernah menginstall apache sebelumnya, maka anda harus menghentikan kerja apache pada Linux Mint atau Ubuntu anda agar apache LAMPP bisa berjalan dengan normal.
5.      Untuk membuat shortcut pada menu, gunakan perintah
gedit ~/.local/share/applications/xampp-control-panel.desktop
Lalu isi dengan:
[Desktop Entry]
Comment=Start/Stop XAMPP
Name=XAMPP Control Panel
Exec=gksudo “python /opt/lampp/share/xampp-control-panel/xampp-control-panel.py”
Icon[en_CA]=/usr/share/icons/Tango/scalable/devices/network-wired.svg
Encoding=UTF-8
Terminal=false
Name[en_CA]=XAMPP Control Panel
Comment[en_CA]=Start/Stop XAMPP
Type=Application
Icon=/usr/share/icons/Tango/scalable/devices/network-wired.svg Shortcut tersebut akan muncul pada Menu > Other
6.      Secara default, folder htdocs berada pada path /opt/lampp, sehingga kita akan repot saat akan melakukan editing file atau menambahkan file, karena kita harus login sebagai root. Oleh karena itu, kita buat folder public_html pada folder home kita, dan menautkannya dengan folder htdocs. Hal ini untuk memudahkan akses kita melakukan editing atau menambahkan file kedalam htdocs, tanpa harus login sebagai root. Berikut ini perintahnya mkdir ~/public_html Lanjutkan dengan perintah berikut ini untuk menutkan public_html dengan htdocs sudo ln -s ~/public_html /opt/lampp/htdocs/$USER Dengan cara ini, kita bisa menambahkan file atau editing file tanpa harus login sebagai root. Semoga tips ini bisa bermanfaat bagi anda.


Linux merupakan salah satu sistem operasi yang stabil dan banyak digunakan untuk keperluan server bagi dunia web. Banyak server web di World Wide Web yang didukung oleh Linux. Bahkan ada istilah yang terkenal di Linux yang dinamakan LAMP (singkatan dari Linux, Apache, MySQL dan PHP).
Web server di Linux yang terkenal adalah Apache.
Instalasi Apache di Ubuntu
# apt-get install apache2
Jika sudah selesai menginstal untuk membuktikan bahwa web server sudah terinstal, pada browser buka halaman http://localhost maka akan muncul tulisan “It Works”
Tempat meletakkan file-file web adalah di direktori /var/www/html.
Instalasi PHP5
# apt-get install php5
Instal Database Server
# apt-get install libapache2-mod-auth-mysql
Instal Konektor PHP5 & MySQL
# apt-get install php5-mysql
Instal MySQL-Server
# apt-get install mysql-server
Kemudian konfigurasi file php.ini dengan mengetikkan perintah
# vim /etc/php5/apache2/php.ini
carilah baris ;extension=mysql.so, kemudian hilangkan tanda titik koma yang ada didepannya sehingga menjadi :
extension=mysql.so
# /etc/init.d/apache2 restart
Setelah mysql terinstal. Anda bisa melakukan pengetesan dengan masuk ke MySQL dengan mengetikkan perintah ke MySQL
# mysql -u root -p
enter Password:
mysql>
Instalasi PHPMyAdmin :
# apt-get install phpmyadmin
Kemudian edit file apache2.conf
# /etc/apache2/apache2.conf
Di file apache2.conf tersebut, buatlah sebuah alias baru bernama “phpmyadmin” dan diarahkan ke /usr/share/phpmyadmin menggunakan kode berikut :
image
Tes PHPMyAdmin dengan mengetikkan http://localhost/phpmyadmin pada browser.


BAB III
INSTALASI WEB SERVER
  1. Instalasi sistem operasi linux BackTrack sebagai Server
  2. Instalasi sistem operasi linux Ubuntu sebagai Client
  3. Pastikan Linux anda terkoneksi antara server dengan client dengan menggunakan LAN (peer to peer)
-     Pasang kabel cross yang menghubungkan komputer server dan client
-     Setting IP kelas C dengan cara buka terminal linux client dan server lalu ketikkan perintah pico /etc/network/interfaces kemudian ketikkan
auto lo
iface lo inet loopback
auto eth0
iface etho inet static
address 192.168.0.20
netmask 255.255.255.0
gateway 192.168.0.21
-           Restart pengaturan jaringan  yang telah di buat (pengaturan ip) dengan perintah sudo /etc/init.d/networking restart
-      Cek koneksi antara client dengan server menggunakan perintah ping 192.168.0.21 (cek koneksi ke server yang ip nya 192.168.0.21) dan sebaliknya client ke server.
  1. Install aplikasi web server dengan Langkah sebagai berikut :
Pertama instal dulu web server apache
# sudo apt-get install apache2
kedua install database server
# sudo apt-get install mysql-server
kemudian install php untuk apache
# sudo apt-get install php5
selanjutnya install mysql untuk apache
# apt-get install libapache-mod-acct-mysql
# apt-get install php5-mysql
atau boleh saja langsung install xampp for linux (lampp)
Caranya :
-   Download XAMPP Untuk Linux di http://www.apachefriends.org/download.php?xampp-linux-1.7.4 .tar.gz
-   Buka Terminal lalu masuk ke root lalu masuk ke directory tempat file xampp-linux-1.7.4.tar.gz berada
-   Ekstract XAMPP dengan perintah tar xvfz xampp-linux-1.7.4 .tar.gz -C
-   Masuk ke directory XAMPP dengan perintah cd /opt/lampp
-   Jalankan XAMPP dengan perintah ./lampp start
-   Buat tampilan web sederhana dengan menggunakan bluefish atau gedit
ü  Buat file index.html
ü  Buat Header.html
ü  Buat Home.html
ü  Buat Banner.html
ü  Buat about_us.html
ü  Buat Buku_tamu.html
ü  Buat jadwal.html
-   Buka Browser, kemudian masuk ke http://localhost/
-   Web Server siap di akses oleh client dengan cara buka browser lalu tulis alamat ip address milik server


BAB IV
KESIMPULAN
Linux merupakan salah satu sistem operasi yang stabil dan banyak digunakan untuk keperluan server bagi dunia web. Banyak server web di World Wide Web yang didukung oleh Linux. Bahkan ada istilah yang terkenal di Linux yang dinamakan LAMP (singkatan dari Linux, Apache, MySQL dan PHP). Web server di Linux yang terkenal adalah Apache.
Bermain server localhost menggunakan XAMPP pada windows merupakan hal yang biasa saya lakukan. Hal ini biasanya saya lakukan untuk melakukan test terhadap tema blog baru, entah itu hasil download, atau saya buat sendiri, serta edit tema blog yang saya gunakan untuk memasang adsense. Sejak menggunakan Linux Mint 10, saya sangat jarang bisa kembali bermain server localhost atau yang sering saya sebut server bawah tanah. Rasa enggan saya menggunakan synaptic package manager baru pada Linux Mint 10 yang tidak ada lagi menu Mark Package by task, membuat saya tidak pernah mengunduh file-file yang biasa saya gunakan sebagai server seperti apache, phpmyadmin, serta file pendukung yang lain. Namun, sejak ada pertanyaan bagaimana cara install XAMPP atau pada Linux LAMPP pada Ubuntu 10.04, maka saya berusaha untuk mencari tahu cara instalasi LAMPP pada Ubuntu 10.04. Berikut ini cara saya menginstall XAMPP Linux atau LAMPP pada Linux Mint 10 Julia milik saya.


DAFTAR PUSTAKA




Category: 4 komentar