SPK (sistem Pendukung Keputusan)



ABSTRAK
Ecommerce merupakan paradigma baru dalam dunia perbisnisan yang menggunakan jasa online.Banyak barang yang dapat ditawarkan melalui ecommerce seperti penjualan Handphone secara online dengan menggunakan web. Dengan sistem ini pelanggan tidak perlu repot datang ke toko dan dapat memesannya kapan saja tanpa batasan waktu.
Metode penelitian penulis menerapkan Sistem Development Life Cycle (SDLC), waktu pembuatan penulis dilakukan selama 9 bulan dilaksanakan dari bulan Mei sampai dengan bulan Februari. Untuk studi kasus penulis lakukan di Faturahman Ponsel.Karna toko tersebut merasa perlu adanya perkembangan bisnis tanpa harus mengeluarkan modal yang besar maka penulis membantu merancang website penjualan handphone online.
Website ini di bangun dengan menggunakan bahasa pemprograman PHP dan database MySQL. Pembuatan desain sistem terdiri dari Erdiagram, Flowmap serta Data Flow diagram (DFD).
Hasil yang diharapkan dari proyek akhir ini berupa website penjualan handphone online yang dibutuhkan sesuai dengan tujuan yang diinginkan.
Kata Kunci: Handphone, ecommerce,ERdiagram,PHP,web



1.        Pendahuluan
1.1.   latar Belakang
Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan komunikasi antara satu dengan yang lain. Banyak cara untuk melakukan komunikasi. Salah satunya dengan menggunakan handphone.
Handphone yang dahulu merupakan barang mewah sekarang berubah menjadi barang yang sangat dibutuhkan oleh sebagian orang.Hampir seluruh masyarakat menggunakan handphone untuk melakukan komunikasi.Penggunaan handphone tidak sebatas itu saja, handphone juga dapat memberi hiburan seperti game, musik yang bisa didengar kapan saja, memotret dan merekam video, serta bisa untuk akses internet.Handphone dengan tipe dan merk tertentu juga mempengaruhi lifestyle sebagian masyarakat.Oleh karena itu sekarang banyak sekali kita jumpai toko yang menjual hanpdhone dengan beragam merk.
Faturahman ponsel adalah sebuah toko yang menjual berbagai jenis handphone diantaranya adalah nokia, blackberry, LG, Samsung, Sony Ericsson. Saat ini proses penjulan dilakukan dengan cara manual yaitu konsumen datang langsung ke toko untuk melihat koleksi yang tersedia dan selanjutnya melakukan transaksi. Karena keadaan toko yang tidak terlalu luas sehingga sering sekali terjadi desakan pengunjung sedangkan untuk membuka cabang dibutuhkan waktu dan biaya yang besar. Disamping itu juga keuntungan yang diperoleh tidak terlalu besar karena cakupan wilayah pemasaran hanya disekitar kota dimana toko itu berada.
Untuk mengatasi masalah tersebut maka dirancanglah sebuah website yang dapat membantu memperluas pemasaran tanpa harus membuka cabang sehingga memberi keuntungan bagi konsumen dan toko tersebut.


1.2.   Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam proyek akhir ini adalah :
1.       Bagaimana merancang website untuk melakukan proses jual-beli handphone dengan caraonline?
2.       Bagaimana membangun website yang dapat membantu konsumen dalam melakukan pembelian sampai pengiriman barang?.
1.3.   Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan website ini adalah sebagai berikut :
1.      Merancang website penjulan handphone secara online.
2.      Membangun website yang dapat membantu konsumen dalam melakukan proses pembelian , pembayaran dan pengiriman barang.
1.4.   Batasan Masalah
Batasan Masalah dalam proyek akhir ini adalah
1.      Website ini tidak menangani masalah keuangan, proses transaksi pembayaran dilakukan secara offline yaitu konsumen melakukan transfer uang secara manual pada rekening yang tercantum di website.
2.      Proses penjualan hanya sebatas Negara Indonesia.
1.5.   Metodologi Penelitian
Metode yang digunakan untuk meyelesaikan proyek akhir ini adalah Metode pengembangan perangkat lunak menggunakan metode SDLC (software Development Life Cycle) dengan model Waterfall.

2.      Tinjauan Pustaka
2.1.   Ecommerce
Ecommerce, atau Electronic Commerce merupakan suatu sistem atau paradigmabaru dalam dunia bisnis, yang menggeser paradigm tradisional commerce menjadi electronic commerce yaitu dengan memanfaatkan ICT (Information and CommunicationTechnology), atau dengan kata lain teknologi Internet.
Definisi Ecommerce secara umum dapat diartikan : “proses membeli, menjual, baik dalam bentuk barang, jasa ataupun informasi, yang dilakukan melalui media internet” (disarikan dari berbagai sumber).
Menurut Stefan Probst (Opticom), definisi e-commerce adalah “ businessyang dilakukan secara electronic yang melibatkan aktivitas-aktivitas bisnis berupa business to business ataupun business to consumen melaului teknologi Internet”
Sementara itu, menurut Bidgoli (Bidgoli, 2002) e-commerce adalah penjualan dan pembelian melalui media internet. Selain itu, dalam bukunya Bidgoli juga mendefinisikan e-business sebagai berikut:
“e-businessadalah transaksi yang menggunakan media elektronik yang dipergunakan untuk berjualan atau proses pembelian suatu atau beberapa produk menggunakan teknologi ICT”
Secara umum e-business tidak hanya ditujukan atau melibatkan proses selling dan buying saja, akan tetapi dapat juga meliputi online services, consumen relationship management (CRM), supply chain management, kolaborasi business partners, electronic transaction dan electronic payment. Dan jika dilihat dari aktivitasnya dapat berlangsung dengan melibatkan antar konsumen ataupun antar pelaku business.(Ade Hendra Putra, 2009)

  2.2 Database
2.2.1 MySQL
MySQL adalah cepat, mudah untuk digunakan (easy to use) dan sebagai sistem manajemen database relasional (RDBMS) yang digunakan untuk database pada beberapa website.Kecepatan adalah fokus utama pada pengembangan awal MySQL.Demi kepentingan kecepatan ini, merekamembuat keputusan untuk menawarkan fitur lebih sedikit dibandingkan pesaing utama mereka (sebagai contoh, Oracle dan Sybase).MySQL adalah lebih mudah dalam instalasi dan penggunaannya dibanding pesaing komersialnya.
Sebenarnya software MySQL mempunyai dua macam lisensi. Lisensi pertama bersifat Open source dengan menggunakan GNU General Public License dan Lisensi kedua berupa Standart Commercial License yang dapat dibeli dari MysQl AB. MySQL AB merupakan perusahaan komersial yang dibiayai oleh pengembang MySQL. (Simarmata, 2006)

2.3 Bahasa pemprograman
2.3.1 PHP
PHP adalah bahasa (scripting language) yang dirancang secara khusus untuk penggunaan pada web.PHP adalah tool untuk pembuatan halaman web dinamis. Kaya akan fiture yang membuat perancangan web dan pemprograman lebih mudah, PHP digunakan pada 13 juta domain (menurut survai Netcraft pada www.php.net/usage.php). PHP kependekan dari HyperText Preprocessor. Pada awal pengembangannya oleh Rasmus Lerddorf, dia menyebutnya sebagai tools Personal Home Page.
Seperti bahasa pemprograman lainnya PHP memperoses seluruh perintah yang berada dalam skrip PHP didalam web server dan menampilkan outputnya ke dalam web browser klien. PHP adalah bahasa scripting yang menghasilkan output HTML ataupun output lain sesuai keinginan program (misalnya PDF) yang dijalankan pada server side. Artinya, semua sintaks yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan pada server sedangkan yang dikirimkan ke browser hanya hasilnya saja.
PHP begitu cepat populer dan berkembang begitu cepat karena PHP mempunyai beberapa keunggulan yaitu :
1.      Cepat , karena ditempelkan (embedded) di dalam kode HTML, sehingga waktu tanggap menjadi pendek.
2.      Tidak mahal – gratis. Pada kenyataannya PHP adalah gratis dan bisa mendapatkannya tanpa harus membayar.
3.      Mudah untuk digunakan. PHP berisi fitur khusus dan fungsi yang dibutuhkan untuk membuat halaman web dinamis. Bahasa PHP dirancang untuk dimasukkan dengan mudah di dalam file HTML.
4.      Berjalan pada beberapa sistem operasi. Dia berjalan pada beberapa sistem operasi yang beragam, windows, Linux, Mac OS, dan kebanyakan variasi dari Unix.
5.      Dukungan teknis tersedia secara luas karena PHP menyediakan dukungan gratis via daftar diskusi e-mail.
Aman. Pengguna tidak melihat kode PHP, Karena kode yang ditampilkan pada browser adalah kode HTML.
Dirancang untuk mendukung database.PHP meliputi kemampuan yang dirancang untuk berinteraksi dengan database tertentu.
Customizable. Lisensi open source sehingga mengijinkan para pemrograman untuk memodifikasi software PHP, menambahkan atau memodifikasi fitur-fitur yang dibutuhkan untuk lingkungan mereka sendiri. (Simarmata, 2006)

2.3.2 HTML
HTML kepanjangan dari HyperText Markup Language. HTML adalah bahasa yang digunakan untuk membuat suatu situs web atau Homepage. Setiap dokumen dalam web ditulis dalam format HTML. Semua format dokumen, hyperlink yang dapat di klik, gambar, dokumen multimedia, form yang dapat di isi dan sebagainya didasarkan atas HTML.
Sebenarnya, dokumen HTML hanyalah sebuah dokumen teks biasa dan disebut sebagai markup language yakni bahasa yang mengandung kode penanda yang disebut tag HTML yang digunakan untuk mengatur format tampilan suatu dokumen. Kode ini diselipkan ke dalam teks HTML yag digunakanuntuk mengatur format tampilan suatu dokumen. Kode ini diselipkan ke
dalam teks HTML, berfungsi untuk mengontrol format dan layout dalam dokumen, menunjuk ke suatu hyperlink, dan lain-lain. (Suryatiningsih, 2009)


2.4 Alat Bantu Pemodelan Sistem
2.4.1 ER Diagram
Diagram Entitas-Relasi atau Entity Relationship Diagram (ERD) adalah diagram yang menggambarkan keterhubungan antar data secara konseptual. Penggambaran keterhubungan antar data ini didasarkan pada anggapan bahwa dunia nyata terdiri dari kumpulan objek yang disebut entitas (entity), dan hubungan yang terjadi diantaranya yang disebut relasi (relationship). (Eddy Prasetyo Nugroho, 2009)

2.4.2 DFD (Data Flow Diagram)
Data Flow Diagram atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut Diagram Aliran Data adalah diagram untuk menggambarkan aliran data dalam sistem, sumber dan tujuan data, proses yang mengolah data tersebut, dan tempat penyimpanan datanya. Sistem yang dimaksud disini adalah sistem perangkat lunak, sistem informasi, sistem perangkat keras, atau sistem berbasis komputer lainnya. Data flow diagram juga dapat digunakan untuk menggambarkan aktivitas proses secara paralel (beberapa aliran data dapat terjadi secara simultan) (Eddy Prasetyo Nugroho, 2009) Komponen DFD menurut Yourdan dan Demarco :



2.5 Dreamweaver
Macromedia Dreamweaver MX 2004 adalah editor HTML professional untuk merancang, mengkodekan dan mengembangkan websites, halaman web, dan aplikasi web.Kita bisa melakukannya secara manual untuk coding HTML ataupun mengerjakannya dalam lingkungan editing visual.Dreamweaver menyediakan tool yang sangat menolong untuk meningkatkan pengalaman dalam menciptakan web.
Visual editing feature di Dreamweaver memungkinkan kita dengan cepat menciptakan halaman tanpa menulis satupun baris kode.Kita dapat memandang semua asset atau unsur-unsur lokasi dan menyeretnya dari suatu panel easy to use secara langsung ke dalam suatu dokumen. Kita dapat mengefektifkan workflow pengembangan dengan menciptakan dan mengedit gambaran didalam Macromedia fireworks atau aplikasi grafik yang lain, dan kemudian mengimpornya secara langsung ke dalam Dreamweaver, atau dengan menambahkan objek Macromedia Flash.
Dreamweaver juga menyediakan lingkungan pengkodean penuh, meliputi code editing tool (seperti kode mewarnai dan penyelesaian tag) dan material referensi pada HTML, Cascading Style Sheets (CSS), JavaScript, ColdFusion Markup Language (CFML), Microsoft Active Server Pages (ASP), dan JavaServer Pages (JSP). Teknologi Macromedia Roundtrip HTML mengimpor dokumen HTML yang dikode secara manual tanpa reformatting kode. Kita kemudian bisa memformat kembali kode itu dengan gaya pengaturan yang lebih disukai. (Suryanto, 2007)

3.2 Perancangan Sistem
3.1.1        Diagram Konteks Sistem
Diagram konteks di atas menggambarkan suatu sistem yang diusulkan secara keseluruhan dalam hal ini pengembangan sistem informasi Penjualan pada Mobile Store, dengan suatu arus data yang saling berhubungan sehingga data / informasi yang dihasilkan dapat digunakan untuk melakukan proses pengolahan data.
3.1.2  Diagram Berjenjang        
Merupakan diagram yang menggambarkan urutan-urutan proses yang terdapat atau yang telah digambarkan pada diagram konteks sistem.
Adapun diagram berjenjang (hirarchy chart) dari sistem informasi penjadwalan berbasis web adalah sebagai berikut :
                                   

4.1.3 Skema Relasi
Skema relasi yang terdapat pada ER diagram adalah:
1.      Pelanggan (#id_pelanggan, fullname, username, password, email, sex, phone, address, active)
2.      Admin (#id_admin,username,password,fullname, status )
3.      Produk (#id_produk, merkid, typehp, spesifikasi, harga, gambar, location, stok)
4.      Pemesanan(#nomor, idtransaksi, id_produk, jumlah, harga, id_pelanggan, tgl_order, waktu_order,status_chekout, status_bayar, status_kirim, status_transaksi, alamat_kirim )
5.      Merkhp (#id, merkhp)

5.1  Perancangan Antarmuka
5.1.1 Anatarmuka Login
Form login yang digunakan admin




Gambar 11. antarmuka login


5.1.2 Antarmuka Pelanggan
Perancangan antarmuka pelanggan terdiri dari home, kategori, Promo Produk.
home
Guest Book

hearder
Kategori
Gambar Produk


Promo Produk




5.1.3 Antarmuka Admin setelah login
Antarmuka Admin setelah login terdiri dari Home, Manajemen modul, kategori, Produk, order, dan logout.


   Implementasi Input


6.2  Implementasi Output
Output yang akan dihasilkan oleh sistem yang dikembangkan ini adalah berupa beberapa laporan dengan hasil sebagai berikut :
 

Laporan Order pada Admin WEB

7.1 Pengujian
Pengujian sistem bertujuan untuk menentukan apakah sistem yang telah dibuat sesuai dengan tujuan awal pembuatan dan sudah layak untuk digunakan. Maka dalam pengujian ini dilakukan pengujian dengan metode black box, yaitu pengujian yang hanya menganalisa inputan dan hasil output tanpa melihat source code atau alogaritma program. Black boxtesting memfokuskan kepada faktor fungsionalitas dan spesifikasi perangkat lunak.


PENUTUP
8.1 Kesimpulan
Kesimpulan yang penulis dapatkan berdasarkan perancangan Website Penjualan Handphone Online (Studi kasus: Faturahman Ponsel) sebagai berikut :
a.       Membantu konsumen dalam melakukan pembelian handphone tanpa ada batas waktu dan bisa dilakukan kapan saja.
b.      Website Penjualan Handphone Online ini juga dapat memperbaiki proses penjualan handphone yang masih berjalan secara manual.

8.2 Saran
Saran-saran yang penulis berikan berdasarkan kesimpulan yang telah dipaparkan sebagai berikut:
a.       Meningkatkan keamanan dari website penjualan handphone guna memberikan kenyamanan bagi user.
b.      Menemukan (fitur ) faktor-faktor pendukung lain guna lebih meningkatkan sistem website penjualan handphone online
c.       Meningkatkan keahlian user (administrartor maupun pelanggan) menggunakan aplikasi yang berbasis wweb terutama dalam proses sistem pemesanan.


DAFTAR PUSTAKA

Ade Hendra Putra, D. (2009). APLIKASI E-COMMERCE.Bandung: Politeknik Telkom.
Anonim.(2011, Mei 23).Optimasi Mesin Pencari. Retrieved Juni 24, 2011, from http://id.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari
Eddy Prasetyo Nugroho, D. (2009). Rekayasa Perangkat lunak.Bandung: Politeknik telkom.
Fathansyah.(1999). BUKU TEKS KOMPUTER BASIS DATA.Bandung: Penerbit INFORMATIKA.
Simarmata, J. (2006). Aplikasi Mobile Commerce Menggunakan PHP dan MySQL.Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Suryanto, A. H. (2007). Step by Step WEB DESIGN Theory and Practise. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Suryatiningsih, W. m. (2009).Web Programing.Bandung: Politeknik Telkom
Category: 0 komentar