ABSTRAK
Ecommerce merupakan paradigma
baru dalam dunia perbisnisan yang menggunakan jasa online.Banyak barang
yang dapat ditawarkan melalui ecommerce seperti penjualan Handphone secara
online dengan menggunakan web. Dengan sistem ini pelanggan tidak perlu
repot datang ke toko dan dapat memesannya kapan saja tanpa batasan waktu.
Metode penelitian penulis menerapkan
Sistem Development Life Cycle (SDLC), waktu pembuatan penulis dilakukan
selama 9 bulan dilaksanakan dari bulan Mei sampai dengan bulan Februari. Untuk
studi kasus penulis lakukan di Faturahman Ponsel.Karna toko tersebut merasa
perlu adanya perkembangan bisnis tanpa harus mengeluarkan modal yang besar maka
penulis membantu merancang website penjualan handphone online.
Website ini di bangun dengan menggunakan
bahasa pemprograman PHP dan database MySQL. Pembuatan desain sistem terdiri
dari Erdiagram, Flowmap serta Data Flow diagram (DFD).
Hasil yang diharapkan dari proyek akhir
ini berupa website penjualan handphone online yang dibutuhkan
sesuai dengan tujuan yang diinginkan.
Kata Kunci: Handphone,
ecommerce,ERdiagram,PHP,web
1.
Pendahuluan
1.1.
latar Belakang
Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan komunikasi
antara satu dengan yang lain. Banyak cara untuk melakukan komunikasi. Salah
satunya dengan menggunakan handphone.
Handphone yang dahulu merupakan barang mewah sekarang berubah menjadi barang
yang sangat dibutuhkan oleh sebagian orang.Hampir seluruh masyarakat
menggunakan handphone untuk melakukan komunikasi.Penggunaan handphone
tidak sebatas itu saja, handphone juga dapat memberi hiburan seperti
game, musik yang bisa didengar kapan saja, memotret dan merekam video,
serta bisa untuk akses internet.Handphone dengan tipe dan merk tertentu
juga mempengaruhi lifestyle sebagian masyarakat.Oleh karena itu sekarang
banyak sekali kita jumpai toko yang menjual hanpdhone dengan beragam
merk.
Faturahman ponsel adalah sebuah toko yang menjual berbagai jenis handphone
diantaranya adalah nokia, blackberry, LG, Samsung, Sony Ericsson. Saat ini
proses penjulan dilakukan dengan cara manual yaitu konsumen datang langsung ke
toko untuk melihat koleksi yang tersedia dan selanjutnya melakukan transaksi.
Karena keadaan toko yang tidak terlalu luas sehingga sering sekali terjadi
desakan pengunjung sedangkan untuk membuka cabang dibutuhkan waktu dan biaya
yang besar. Disamping itu juga keuntungan yang diperoleh tidak terlalu besar
karena cakupan wilayah pemasaran hanya disekitar kota dimana toko itu berada.
Untuk mengatasi masalah tersebut maka
dirancanglah sebuah website yang dapat membantu memperluas pemasaran
tanpa harus membuka cabang sehingga memberi keuntungan bagi konsumen dan toko
tersebut.
1.2.
Rumusan Masalah
Adapun
rumusan masalah dalam proyek akhir ini adalah :
1.
Bagaimana merancang website
untuk melakukan proses jual-beli handphone dengan caraonline?
2.
Bagaimana membangun website
yang dapat membantu konsumen dalam melakukan pembelian sampai pengiriman
barang?.
1.3.
Tujuan
Adapun
tujuan dari pembuatan website ini adalah sebagai berikut :
1.
Merancang website penjulan
handphone secara online.
2.
Membangun website yang
dapat membantu konsumen dalam melakukan proses pembelian , pembayaran dan
pengiriman barang.
1.4.
Batasan Masalah
Batasan
Masalah dalam proyek akhir ini adalah
1.
Website ini tidak menangani masalah keuangan, proses transaksi pembayaran
dilakukan secara offline yaitu konsumen melakukan transfer uang secara
manual pada rekening yang tercantum di website.
2.
Proses penjualan hanya
sebatas Negara Indonesia.
1.5.
Metodologi Penelitian
Metode yang
digunakan untuk meyelesaikan proyek akhir ini adalah Metode pengembangan
perangkat lunak menggunakan metode SDLC (software Development Life Cycle)
dengan model Waterfall.
2.
Tinjauan Pustaka
2.1.
Ecommerce
Ecommerce, atau Electronic Commerce merupakan suatu sistem atau
paradigmabaru dalam dunia bisnis, yang menggeser paradigm tradisional commerce
menjadi electronic commerce yaitu dengan memanfaatkan ICT (Information
and CommunicationTechnology), atau dengan kata lain teknologi Internet.
Definisi Ecommerce secara umum dapat diartikan : “proses
membeli, menjual, baik dalam bentuk barang, jasa ataupun informasi, yang
dilakukan melalui media internet” (disarikan dari berbagai sumber).
Menurut Stefan Probst (Opticom), definisi e-commerce adalah
“ businessyang dilakukan secara electronic yang melibatkan
aktivitas-aktivitas bisnis berupa business to business ataupun business
to consumen melaului teknologi Internet”
Sementara itu, menurut Bidgoli (Bidgoli, 2002) e-commerce adalah
penjualan dan pembelian melalui media internet. Selain itu, dalam bukunya
Bidgoli juga mendefinisikan e-business sebagai berikut:
“e-businessadalah transaksi yang menggunakan media
elektronik yang dipergunakan untuk berjualan atau proses pembelian suatu atau
beberapa produk menggunakan teknologi ICT”
Secara umum e-business tidak hanya ditujukan atau
melibatkan proses selling dan buying saja, akan tetapi dapat juga
meliputi online services, consumen relationship management (CRM),
supply chain management, kolaborasi business partners, electronic
transaction dan electronic payment. Dan jika dilihat dari
aktivitasnya dapat berlangsung dengan melibatkan antar konsumen ataupun antar
pelaku business.(Ade Hendra Putra, 2009)
2.2 Database
2.2.1 MySQL
MySQL adalah cepat, mudah untuk
digunakan (easy to use) dan sebagai sistem manajemen database relasional
(RDBMS) yang digunakan untuk database pada beberapa website.Kecepatan
adalah fokus utama pada pengembangan awal MySQL.Demi kepentingan kecepatan ini,
merekamembuat keputusan untuk menawarkan fitur lebih sedikit dibandingkan
pesaing utama mereka (sebagai contoh, Oracle dan Sybase).MySQL adalah lebih
mudah dalam instalasi dan penggunaannya dibanding pesaing komersialnya.
Sebenarnya software MySQL mempunyai dua macam lisensi. Lisensi
pertama bersifat Open source dengan menggunakan GNU General Public
License dan Lisensi kedua berupa Standart Commercial License yang
dapat dibeli dari MysQl AB. MySQL AB merupakan perusahaan komersial yang
dibiayai oleh pengembang MySQL. (Simarmata, 2006)
2.3 Bahasa
pemprograman
2.3.1 PHP
PHP adalah bahasa (scripting language) yang dirancang secara
khusus untuk penggunaan pada web.PHP adalah tool untuk pembuatan halaman web
dinamis. Kaya akan fiture yang membuat perancangan web dan
pemprograman lebih mudah, PHP digunakan pada 13 juta domain (menurut survai
Netcraft pada www.php.net/usage.php). PHP kependekan dari HyperText
Preprocessor. Pada awal pengembangannya oleh Rasmus Lerddorf, dia
menyebutnya sebagai tools Personal Home Page.
Seperti bahasa pemprograman lainnya PHP memperoses seluruh
perintah yang berada dalam skrip PHP didalam web server dan menampilkan
outputnya ke dalam web browser klien. PHP adalah bahasa scripting yang
menghasilkan output HTML ataupun output lain sesuai keinginan program (misalnya
PDF) yang dijalankan pada server side. Artinya, semua sintaks yang kita
berikan akan sepenuhnya dijalankan pada server sedangkan yang dikirimkan ke browser
hanya hasilnya saja.
PHP begitu cepat populer dan berkembang begitu cepat karena PHP
mempunyai beberapa keunggulan yaitu :
1.
Cepat , karena ditempelkan (embedded)
di dalam kode HTML, sehingga waktu tanggap menjadi pendek.
2.
Tidak mahal – gratis. Pada
kenyataannya PHP adalah gratis dan bisa mendapatkannya tanpa harus membayar.
3.
Mudah untuk digunakan. PHP
berisi fitur khusus dan fungsi yang dibutuhkan untuk membuat halaman web
dinamis. Bahasa PHP dirancang untuk dimasukkan dengan mudah di dalam file HTML.
4.
Berjalan pada beberapa
sistem operasi. Dia berjalan pada beberapa sistem operasi yang beragam,
windows, Linux, Mac OS, dan kebanyakan variasi dari Unix.
5.
Dukungan teknis tersedia
secara luas karena PHP menyediakan dukungan gratis via daftar diskusi e-mail.
Aman.
Pengguna tidak melihat kode PHP, Karena kode yang ditampilkan pada browser
adalah kode HTML.
Dirancang untuk mendukung database.PHP meliputi kemampuan
yang dirancang untuk berinteraksi dengan database tertentu.
Customizable. Lisensi open
source sehingga mengijinkan para pemrograman untuk memodifikasi software
PHP, menambahkan atau memodifikasi fitur-fitur yang dibutuhkan untuk
lingkungan mereka sendiri. (Simarmata, 2006)
2.3.2 HTML
HTML kepanjangan dari HyperText Markup Language. HTML
adalah bahasa yang digunakan untuk membuat suatu situs web atau Homepage.
Setiap dokumen dalam web ditulis dalam format HTML. Semua format dokumen,
hyperlink yang dapat di klik, gambar, dokumen multimedia, form yang dapat di
isi dan sebagainya didasarkan atas HTML.
Sebenarnya, dokumen HTML hanyalah sebuah
dokumen teks biasa dan disebut sebagai markup language yakni bahasa yang
mengandung kode penanda yang disebut tag HTML yang digunakan untuk mengatur
format tampilan suatu dokumen. Kode ini diselipkan ke dalam teks HTML yag
digunakanuntuk mengatur format tampilan suatu dokumen. Kode ini diselipkan ke
dalam teks HTML, berfungsi untuk mengontrol format dan layout
dalam dokumen, menunjuk ke suatu hyperlink, dan lain-lain. (Suryatiningsih,
2009)
2.4 Alat
Bantu Pemodelan Sistem
2.4.1 ER
Diagram
Diagram Entitas-Relasi atau Entity Relationship Diagram (ERD)
adalah diagram yang menggambarkan keterhubungan antar data secara konseptual.
Penggambaran keterhubungan antar data ini didasarkan pada anggapan bahwa dunia
nyata terdiri dari kumpulan objek yang disebut entitas (entity), dan hubungan
yang terjadi diantaranya yang disebut relasi (relationship). (Eddy Prasetyo
Nugroho, 2009)
2.4.2 DFD
(Data Flow Diagram)
Data Flow Diagram atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut
Diagram Aliran Data adalah diagram untuk menggambarkan aliran data dalam
sistem, sumber dan tujuan data, proses yang mengolah data tersebut, dan tempat
penyimpanan datanya. Sistem yang dimaksud disini adalah sistem perangkat lunak,
sistem informasi, sistem perangkat keras, atau sistem berbasis komputer
lainnya. Data flow diagram juga dapat digunakan untuk menggambarkan aktivitas
proses secara paralel (beberapa aliran data dapat terjadi secara simultan)
(Eddy Prasetyo Nugroho, 2009) Komponen DFD menurut Yourdan dan Demarco :
2.5
Dreamweaver
Macromedia Dreamweaver MX 2004 adalah editor HTML professional
untuk merancang, mengkodekan dan mengembangkan websites, halaman web, dan
aplikasi web.Kita bisa melakukannya secara manual untuk coding HTML
ataupun mengerjakannya dalam lingkungan editing visual.Dreamweaver
menyediakan tool yang sangat menolong untuk meningkatkan pengalaman
dalam menciptakan web.
Visual editing feature di
Dreamweaver memungkinkan kita dengan cepat menciptakan halaman tanpa menulis
satupun baris kode.Kita dapat memandang semua asset atau unsur-unsur
lokasi dan menyeretnya dari suatu panel easy to use secara langsung ke
dalam suatu dokumen. Kita dapat mengefektifkan workflow pengembangan
dengan menciptakan dan mengedit gambaran didalam Macromedia fireworks atau
aplikasi grafik yang lain, dan kemudian mengimpornya secara langsung ke dalam
Dreamweaver, atau dengan menambahkan objek Macromedia Flash.
Dreamweaver juga menyediakan lingkungan pengkodean penuh, meliputi
code editing tool (seperti kode mewarnai dan penyelesaian tag)
dan material referensi pada HTML, Cascading Style Sheets (CSS), JavaScript,
ColdFusion Markup Language (CFML), Microsoft Active Server Pages (ASP), dan
JavaServer Pages (JSP). Teknologi Macromedia Roundtrip HTML mengimpor
dokumen HTML yang dikode secara manual tanpa reformatting kode. Kita
kemudian bisa memformat kembali kode itu dengan gaya pengaturan yang lebih
disukai. (Suryanto, 2007)
3.2 Perancangan Sistem
3.1.1
Diagram Konteks Sistem
Diagram konteks di atas menggambarkan suatu sistem yang
diusulkan secara keseluruhan dalam hal ini pengembangan sistem informasi Penjualan pada Mobile Store, dengan suatu arus data yang saling berhubungan sehingga
data / informasi yang dihasilkan dapat digunakan untuk melakukan proses
pengolahan data.
3.1.2 Diagram
Berjenjang
Merupakan diagram yang menggambarkan urutan-urutan proses
yang terdapat atau yang telah digambarkan pada diagram konteks sistem.
Adapun diagram berjenjang
(hirarchy chart) dari sistem
informasi penjadwalan berbasis web adalah sebagai berikut :
4.1.3 Skema
Relasi
Skema
relasi yang terdapat pada ER diagram adalah:
1. Pelanggan
(#id_pelanggan, fullname, username, password, email, sex, phone, address,
active)
2. Admin
(#id_admin,username,password,fullname, status )
3.
Produk (#id_produk, merkid,
typehp, spesifikasi, harga, gambar, location, stok)
4.
Pemesanan(#nomor, idtransaksi,
id_produk, jumlah, harga, id_pelanggan, tgl_order, waktu_order,status_chekout,
status_bayar, status_kirim, status_transaksi, alamat_kirim )
5.
Merkhp (#id, merkhp)
5.1 Perancangan Antarmuka
5.1.1 Anatarmuka Login
Form login yang digunakan admin
Gambar 11. antarmuka login
5.1.2 Antarmuka Pelanggan
Perancangan antarmuka pelanggan terdiri dari home, kategori, Promo
Produk.
Guest Book
|
|
|
hearder
|
||
Kategori
|
Gambar Produk
|
|
|
||
Promo Produk
|
||
|
5.1.3
Antarmuka Admin setelah login
Antarmuka Admin setelah login terdiri dari Home, Manajemen modul,
kategori, Produk, order, dan logout.
Implementasi Input
6.2 Implementasi Output
Output yang akan dihasilkan oleh sistem yang dikembangkan
ini adalah berupa beberapa laporan dengan hasil sebagai berikut :
Laporan
Order pada Admin WEB
7.1
Pengujian
Pengujian sistem bertujuan untuk menentukan apakah
sistem yang telah dibuat sesuai dengan tujuan awal pembuatan dan sudah layak
untuk digunakan. Maka dalam pengujian ini dilakukan pengujian dengan metode black
box, yaitu pengujian yang hanya menganalisa inputan dan hasil output tanpa
melihat source code atau alogaritma program. Black boxtesting memfokuskan
kepada faktor fungsionalitas dan spesifikasi perangkat lunak.
PENUTUP
8.1 Kesimpulan
Kesimpulan yang penulis dapatkan berdasarkan perancangan
Website Penjualan Handphone Online (Studi kasus: Faturahman Ponsel) sebagai
berikut :
a. Membantu
konsumen dalam melakukan pembelian handphone tanpa ada batas waktu dan bisa
dilakukan kapan saja.
b. Website
Penjualan Handphone Online ini juga dapat memperbaiki proses penjualan
handphone yang masih berjalan secara manual.
8.2 Saran
Saran-saran yang penulis berikan berdasarkan kesimpulan yang
telah dipaparkan sebagai berikut:
a. Meningkatkan
keamanan dari website penjualan handphone guna memberikan kenyamanan
bagi user.
b. Menemukan
(fitur ) faktor-faktor pendukung lain guna lebih meningkatkan sistem website
penjualan handphone online
c. Meningkatkan
keahlian user (administrartor maupun pelanggan) menggunakan aplikasi
yang berbasis wweb terutama dalam proses sistem pemesanan.
DAFTAR PUSTAKA
Ade
Hendra Putra, D. (2009). APLIKASI E-COMMERCE.Bandung: Politeknik Telkom.
Anonim.(2011,
Mei 23).Optimasi Mesin Pencari. Retrieved Juni 24, 2011, from http://id.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari
Eddy
Prasetyo Nugroho, D. (2009). Rekayasa Perangkat lunak.Bandung:
Politeknik telkom.
Fathansyah.(1999). BUKU TEKS
KOMPUTER BASIS DATA.Bandung: Penerbit INFORMATIKA.
Simarmata, J. (2006). Aplikasi Mobile Commerce Menggunakan PHP
dan MySQL.Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Suryanto, A. H. (2007). Step by Step WEB DESIGN Theory and
Practise. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Suryatiningsih, W. m.
(2009).Web Programing.Bandung: Politeknik Telkom