Skripsi Informatika - Analisis Aplikasi Layanan Informasi Kehadiran Siswa Berbasis SMS Gateway di PT.Global Technology Indo



BAB I
PENDAHULUAN

1.1.      Latar Belakang Kerja Praktek
Sebagai sumber daya manusia kita dituntut untuk mempunyai keahlian, pengalaman dan kepekaan dalam mengatasi dan menghadapi berbagai permasalahan dan tantangan yang terjadi di dunia kerja.
Berdasarkan hal tersebut di atas maka kerja praktek sangat membantu penulis dalam mengenal dan juga sebagai gambaran supaya penulis tidak asing lagi ketika memasuki dunia kerja. Selain daripada itu dalam kerja praktek ini penulis diberi kesempatan untuk mengimplementasikan disiplin ilmu yang penulis pelajari di bangku kuliah dan juga penulis mendapatkan pengetahuan baru yang sangat berguna bagi penulis serta dilibatkan dalam merancang suatu aplikasi.
Untuk itu pada praktek kerja lapangan ini penulis mengambil topik APLIKASI LAYANAN INFORMASI KEHADIRAN SISWA SMKN 2 TIDORE BERBASIS SMS GATEWAY. Dalam hal ini, fasilitas SMS merupakan layanan penyampaian informasi berbasis teks, dimana fasilitas ini sudah banyak di ketahui oleh semua kalangan baik pelajar bahkan sampai ke orang tua, selain kemudahan dalam penggunaanya juga memerlukan biaya yang relatif murah.

1.2.      Maksud Dan Tujuan
1.2.1.      Maksud Kerja Praktek
1.        Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan sesuai dengan arah dan perkembangan tuntutan pasaran.
2.    Sebagai salah satu syarat kelulusan dari mata kuliah kerja praktek pada Jurusan Teknik Informatika Universitas Komputer Indonesia.

1.2.2.      Tujuan Kerja Praktek
1.      Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperoleh pengalaman kerja sekaligus mempraktekkan konsep/teori yang diperolehnya selama perkuliahan dalam suatu kegiatan perusahaan secara nyata.
2.      Sebagai wahana orientasi bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri dan menumbuhkan minat dalam kaitannya dengan penyusunan tugas akhir/skripsi.

1.3.      Sistem Pelaksanaan Kerja Praktek
Sistem pelaksanaan kerja praktek di PT. GLOBAL TECHNOLOGY INDOSOLUTION dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya :
1.      Kerja praktek dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan serta kesempatan yang diberikan pihak perusahaan dan pelaksanaan kerja praktek penulis di PT. GLOBAL TECHNOLOGY INDOSOLUTION dilaksanakan sejak tanggal 11 Agustus 2008 sampai dengan 10 November 2008.
2.      Waktu mulai kerja praktek disesuaikan dengan ketentuan yang diberikan perusahaan perusahaan tempat kerja praktek yaitu terhitung dari hari senin sampai hari jumat, jam 09.00 sampai dengan jam 14.00.
3.      Waktu melaksanakan kerja praktek jangan sampai mengganggu proses perkuliahan tetapi juga tidak memaksakan waktu pelaksanaannya kepada perusahaan atau instansi tempat kerja praktek.

1.4.      Sistematika Penulisan
Agar mencapai hasil yang baik dan terarah serta tidak menyimpang dari permasalahan yang ada maka penulis membuat sistematika laporan kerja praktek yang di uraikan sebagai berikut :

BAB I   PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang dasar-dasar pemikiran yang berisi tentang latar belakang kerja praktek, maksud dan tujuan, sistem pelaksanaan,dan sistematika penulisan.

BAB II  RUANG LINGKUP PERUSAHAAN
Bab ini menjelaskan mengenai tentang sejarah perusahaan.

BAB III  KEGIATAN SELAMA KERJA PRAKTEK
Bab ini membahas tentang analisis sistem yang dilakukan.

BAB IV  KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini berisi kesimpulan serta saran yang di dapat pada saat kerja praktek.
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar