RPP_pkn_SMK (Semangat Kebangsaan)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                :   SMK 2 TAKALAR
Mata Pelajaran               : PKn
Materi Pokok                 : Semangat Kebangsaan
Kelas/Program                :  X
Pertemuan Minggu ke    :  4
Alokasi Waktu               :  2 x 45 Menit

Standar Kompetensi    : 1.    Memahami hakekat bangsa dan NKRI

Kompetensi Dasar        :  1.4.Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

Indikator                       :
1.      Mendeskripsikan makna semangat kebangsaan
2.      Menguraikan macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan
3.      Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan
4.Menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia

A.    Tujuan Pembelajaran
  1. Peserta didik dapat mendeskripsikan makna semangat kebangsaan
  2. Peserta didik dapat menguraikan macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan
  3. Peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan
  4. Peserta didik dapat menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia

B.     Materi Pokok Pembelajaran
·         Semangat Nasionalisme dan Patriotisme
-        Pengertian Nasionalisme
-        Bentuk-Bentuk Nasionalisme
-        Pengertian Patriotisme
-        Bentuk Patriotisme

C.    Strategi Pembelajaran
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan
2.
Kegiatan Inti
-  Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-  Penjelasan materi
-  Tanya jawab
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri


D. Perangkat Pembelajaran
·         Buku PKn SMK/MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 32-40.
·         Anhar Gonggong (2002), Nasionalisme sebuah kajian sejarah, (makalah sarasehan antar generasi) Departemen Sosial, Jakarta
·         Hans Kohn (1961), Nasionalisme arti dan sejarahnya, Jakarta: PT Pembangunan Djakarta.
·         UUD 1945 yang Telah Diamandemen
·         Lembar Kerja Siswa

E. Penilaian dan Tindak Lanjut
·         Penilaian Kognitif
·         Penilaian Afektif


        


                                                                       






Takalar,  18 Agustus 2013

Mengetahui,
Kepala Sekolah,                                                   Guru Mata Pelajaran,





Dra, Hj Alwiyah                                                 Andi Mildawati, SH
NIP.19641231 198512 2 035                              NIP. 19740425 200604 2 003
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar