RPP pkn SMK (Pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                :  SMKN 2 TAKALAR
Mata Pelajaran               : PKn
Materi Pokok                 :  Pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia
Kelas/Program                : X
Pertemuan Minggu ke    : 6
Alokasi Waktu               : 2 x 45 Menit

Standar Kompetensi    :  4.   Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi

Kompetensi Dasar        :  4.3.   Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia

Indikator
1.      Mendeskripsikan pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
2.      Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945
3.      Menguraikan makna tiap alinia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945

A.    Tujuan Pembelajaran
  1. Peserta didik dapat mendeskripsikan pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
  2. Peserta didik dapat menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945
  3. Peserta didik dapat menguraikan makna tiap alinia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945

B.     Materi Pokok Pembelajaran
·         Kedudukan Pembukaan UUD 1945 NKRI
-        Pokok pikiran pembukaan UUD 1945
-        Kedudukan Pembukaan dalam UUD 1945
-        Makna setiap alinia dalam pembukaan

C.    Strategi Pembelajaran
         No.
Kegiatan Belajar
Waktu ( Menit )
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa

15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan
2.
Kegiatan Inti
-  Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-  Penjelasan materi
-  Tanya jawab
-  Latihan
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri


D.    Perangkat Pembelajaran
·         Buku Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 110-113.
·         H. Dahlan Thaib Dr. dkk (1999), Teori dan Hukum Konstitusi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta
·         UUD 1945 yang Telah Diamandemen
·         Buku-Buku Sumber yang Relevan
·         Lembar Kerja Siswa

E.     Penilaian dan Tindak Lanjut
·         Penilaian Kognitif
·         Penilaian Afektif


                                                                                               







Takalar,  18 Agustus 2013

Mengetahui,
Kepala Sekolah,                                                   Guru Mata Pelajaran,





Dra, Hj Alwiyah                                                 Andi Mildawati, SH
NIP.19641231 198512 2 035                              NIP. 19740425 200604 2 003
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar