RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMN 2 TAKALAR
Mata Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Negara dan bentuk-bentuk kenegaraan
Kelas/Program : X
Pertemuan Minggu ke : 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
Standar
Kompetensi : 1.
Memahami hakikat bangsa dan Negara
Kesatuan Republik Indonesia
(NKRI)
Kompetensi
Dasar : 1.2 Mendeskripsikan hakikat negara
dan bentuk-bentuk kenegaraan
Indikator :
1. Menganalisis pengertian Negara
2. Mendeskripsikan asal mula terjadinya
negara
3. Menguraikan pentingnya pengakuan oleh
negara lain bagi suatu negara
4. Membandingkan bentuk-bentuk kenegaraan
A.
Tujuan Pembelajaran:
- Peserta didik dapat menganalisis pengertian Negara
- Peserta didik dapat mendeskripsikan asal mula terjadinya negara
- Peserta didik dapat menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara
- Peserta didik dapat membandingkan bentuk-bentuk kenegaraan
B.
Materi Pokok Pembelajaran
·
Hakikat
dan Asal Mula Terbentuknya Negara
·
Bentuk
Negara dan Bentuk Kenegaraan
-
Bentuk
negara
-
Bentuk
Kenegaraan
C.
Strategi Pembelajaran
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
(Menit)
|
Aspek lifeskill yang dikembangkan
|
1.
|
Pendahuluan
- Memberikan salam siswa
- Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
|
15’
|
- Disiplin
- Kerjasama
- Keterampilan
|
2.
|
Kegiatan Inti
- Menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai
- Penjelasan materi
- Tanya jawab
- Latihan
|
55’
|
- Kerjasama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Uji diri
|
3.
|
Penutup
- Evaluasi / Tanya jawab
- Penenangan
|
20’
|
- Pengendalian diri
|
D. Perangkat Pembelajaran
·
Buku
PKn SMK/MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 13-24
·
Musthafa
Kamal Pasha, B.Ed,(2002), Pendidikan Kewargane-garaan (Civics Education),
Yogyakarta: Citra Karsa Mandiri.
·
UUD
1945 yang Telah Diamandemen
E. Penilaian dan Tindak Lanjut
·
Penilaian
Kognitif
·
Penilaian
Afektif
Takalar,
18 Agustus 2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
Dra, Hj Alwiyah Andi
Mildawati, SH
NIP.19641231 198512 2 035 NIP.
19740425 200604 2 003
0 komentar:
Posting Komentar