RPP_pkn_SMK (Negara dan bentuk-bentuk kenegaraan)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                 : SMN 2 TAKALAR
Mata Pelajaran                : PKn
Materi Pokok                  : Negara dan bentuk-bentuk kenegaraan
Kelas/Program                 : X
Pertemuan Minggu ke     : 2
Alokasi Waktu                : 2 x 45 Menit

Standar Kompetensi     : 1.  Memahami hakikat bangsa dan Negara  Kesatuan Republik  Indonesia (NKRI)

Kompetensi Dasar         : 1.2 Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan

Indikator                        :
1.      Menganalisis  pengertian Negara
2.      Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara
3.      Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara
4.      Membandingkan bentuk-bentuk kenegaraan

A.    Tujuan Pembelajaran:
  1. Peserta didik dapat menganalisis  pengertian Negara
  2. Peserta didik dapat mendeskripsikan asal mula terjadinya negara
  3. Peserta didik dapat menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara
  4. Peserta didik dapat membandingkan bentuk-bentuk kenegaraan

B.     Materi Pokok Pembelajaran
·         Hakikat dan Asal Mula Terbentuknya Negara
·         Bentuk Negara dan Bentuk Kenegaraan
-            Bentuk negara
-            Bentuk Kenegaraan

C.    Strategi Pembelajaran
No.
Kegiatan Belajar
Waktu
(Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan
2.
Kegiatan Inti
-  Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-  Penjelasan materi
-  Tanya jawab
-  Latihan
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri

        
D. Perangkat Pembelajaran
·        Buku PKn SMK/MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 13-24
·        Musthafa Kamal Pasha, B.Ed,(2002), Pendidikan Kewargane-garaan (Civics Education), Yogyakarta: Citra Karsa Mandiri.
·        UUD 1945 yang Telah Diamandemen

E. Penilaian dan Tindak Lanjut
·        Penilaian Kognitif
·        Penilaian Afektif


        
                                                                       














Takalar,  18 Agustus 2013

Mengetahui,
Kepala Sekolah,                                                   Guru Mata Pelajaran,





Dra, Hj Alwiyah                                                 Andi Mildawati, SH
NIP.19641231 198512 2 035                              NIP. 19740425 200604 2 003
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar