RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMKN
TAKALAR
Mata Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Pengertian,
fungsi dan tujuan negara
Kelas/Program : X
Pertemuan Minggu ke : 3
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat bangsa dan
Negara Kesatuan Republik Indonesia
(NKRI)
Kompetensi Dasar : 1.3
Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI
Indikator :
1.
Menguraikan
pengertian dan fungsi negara
2.
Membandingkan
berbagai teori tentang fungsi dan tujuan Negara
3.
Mendeskripsikan
tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia
A.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta
didik dapat menguraikan pengertian dan fungsi negara
2.
Peserta
didik dapat membandingkan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan Negara
3.
Peserta
didik dapat mendeskripsikan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia
B.
Materi Pokok Pembelajaran
·
Tujuan
dan Fungsi Negara
-
Berbagai
teori tentang tujuan negara
-
Berbagai
teori tentang fungsi negara
·
Negara
Kesatuan Republik Indonesia
-
Hakikat
NKRI
-
Cita-cita,
tujuan, dan visi NKRI
C.
Strategi Pembelajaran
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu (Menit)
|
Aspek lifeskill yang dikembangkan
|
1.
|
Pendahuluan
- Memberikan salam siswa
- Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
|
15’
|
- Disiplin
- Kerjasama
- Keterampilan
|
2.
|
Kegiatan Inti
- Menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai
- Penjelasan materi
- Tanya jawab
- Latihan
|
55’
|
- Kerjasama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Uji diri
|
3.
|
Penutup
- Evaluasi / Tanya jawab
- Penenangan
|
20’
|
- Pengendalian diri
|
D. Perangkat Pembelajaran
·
Buku
PKn SMK/MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 24-32.
·
Idrus
Affandi, (1997), tata negara, Jakarta: Depdikbud- balai pustaka
·
UUD
1945 yang Telah Diamandemen
·
Lembar
Kerja Siswa
E. Penilaian dan Tindak Lanjut
·
Penilaian
Kognitif
·
Penilaian
Afektif
Takalar,
18 Agustus 2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
Dra, Hj Alwiyah Andi
Mildawati, SH
NIP.19641231 198512 2 035 NIP. 19740425 200604 2 003
0 komentar:
Posting Komentar