RPP pkn SMK (Perkembangan konstitusi Indonesia)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                :  SMKN 2 TAKALAR
Mata Pelajaran               : PKn
Materi Pokok                 :  Perkembangan konstitusi Indonesia
Kelas/Program                : X
Pertemuan Minggu ke    : 17
Alokasi Waktu               : 2 x 45 Menit

Standar Kompetensi    :  4.   Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi

Kompetensi Dasar        :  4.4.   Menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi negara

Indikator                       :
1.      Menunjukkan periodisasi konstitusi Indonesia
2.      Mendeskripsikan kesepakatan dasar dalam melakukan perubahan.
3.      Menguraikan fungsi perubahan sebuah konstitusi
4.      Menyimpulkan perilaku positif terhadap konstitusi negara

A.    Tujuan Pembelajaran
  1. Peserta didik dapat menunjukkan periodisasi konstitusi Indonesia
  2. Peserta didik dapat mendeskripsikan kesepakatan dasar dalam melakukan perubahan.
  3. Peserta didik dapat menguraikan fungsi perubahan sebuah konstitusi
  4. Peserta didik dapat menyimpulkan perilaku positif terhadap konstitusi negara

B.     Materi Pokok Pembelajaran
·         Periodisasi konstitusi Indonesia
-        Undang-Undang Dasar 1945 (18 Agustus 1945-27 Desember 1949)
-        Konstitusi Republik Indonesia Serikat (RIS)
-        Undang-Undang Sementara 1950 (17 Agustus 1950-5 Juli 1959)
-        (Kembali ke) Undang-Undang Dasar 1945 (5 Juli 1959-19 Oktober 1999)
-        Perubahan (Amandemen) Undang-Undang dasar 1945
·         Perubahan Konstitusi
-        Kesepakatan dalam melakukan perubahan konstitusi
-        Fungsi perubahan dalam konstitusi
·         Sikap positif terhadap konstitusi negara




C.    Strategi Pembelajaran
No.
Kegiatan Belajar
Waktu ( Menit )
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan
2.
Kegiatan Inti
-  Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-  Penjelasan materi
-  Tanya jawab
-  Latihan
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri


D.    Perangkat Pembelajaran
·         Buku Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 113-123.
·         Sekjen Mahkamah Konstitusi RI. (2005). UUD Negera Republik Indonesia Tahun 1945. Jakarta. Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia
·         UUD 1945 yang Telah Diamandemen
·         Buku-Buku Sumber yang Relevan
·         Lembar Kerja Siswa

E.     Penilaian dan Tindak Lanjut
·         Penilaian Kognitif
·         Penilaian Afektif

                                                                                   

Takalar,  18 Agustus 2013

Mengetahui,
Kepala Sekolah,                                                   Guru Mata Pelajaran,





Dra, Hj Alwiyah                                                 Andi Mildawati, SH
NIP.19641231 198512 2 035                              NIP. 19740425 200604 2 003
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar