BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Perkembangan teknologi yang sangat pesat dewasa ini menyebabkan
kebutuhan akan teknologi yang semakin besar. Dalam budaya hiburan sekarang ini
teknologi juga sangat berperan mulai dari film, musik, dan bahkan hiburan
interaktif atau yang bisa sebut video game, tidak hanya dalam dunia hiburan saja
pada teknologi komunikasi juga berkembang sangat pesat.
Handphone merupakan salah
satu dari perkembangan teknologi komunikasi. Perkembangan teknologi sangat
berpengaruh terhadap perkembangan game, dimana perubahannya semakin pesat
berkembang. Jika video game hanya bisa dimainkan oleh satu atau dua orang
pemain pada sebuah console. Pesawat televisi dibutuhkan sebagai media tampilan. Jenis
gamenya juga masih sangat sederhana dengan grafik yang sangat kasar.
Tampilannya mirip seperti game dari bahasa program java, yang bisa dimainkan di
handphone sekarang ini.
Pada perkembangannya sekarang, kebanyakan vendor handphone telah menyertakan fasilitas “java enable” pada produknya. Adanya fitur “java enable“ pada handphone memungkinkan
penggunanya semakin mudah untuk menambahkan sendiri aplikasi-aplikasi berbasis Java 2 Micro Edition (J2ME). Game merupakan aplikasi yang masih terus
berkembang dan sangat diminati pengguna sebagai salah satu fitur entertainment pada handphone.
Game Let’s Finger Dance adalah suatu
game berbasis mobile yang dibangun
untuk memenuhi kebutuhan hiburan bagi
pengguna handphone disela-sela waktu
luang untuk menghindari kebosanan dalam aktivitas sehari-hari. Game Let’s
Finger Dance merupakan game genre sport atau jenis olahraga sehingga
permainan ini membutuhkan kecepatan tangan dan membutuhkan konsentrasi dalam
permainan.
Pemain game Let’s Finger Dance
bertugas menekan tombol-tombol yang terdapat pada keypad handphone yaitu
tombol atas, bawah, kanan, dan kiri, sesuai dengan arah panah yang keluar pada
layar handphone. Arah panah layaknya
papan kaki yang digunakan untuk memainkan game ini.
Berdasarkan uraian di atas, maka
skripsi ini dibuat dengan judul “MEMBANGUN
APLIKASI LET’S FINGER DANCE MENGGUNAKAN JAVA 2 MICRO EDITION (J2ME)”
1.2
Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka permasalahan yang akan dibahas
adalah :
1.
Bagaimana membuat aplikasi game Let’s Finger Dance yang
akan di implementasikan pada media handphone
atau komputer.
2.
Bagaimana penerapan dengan program java 2 micro editon (j2me).
1.3
Batasan
Masalah
Agar pembahasan terarah, maka batasan-batasan pembahasan masalah yaitu
:
1.
Pembahasan mengenai perancangan aplikasi game let’s finger
dance menggunakan java 2 micro edition (j2me).
2.
Teknologi handphone
yang memiliki perangkat lunak
tertentu dalam versi mobile, misal : windows mobile, opera mini, ym tiny, ebuddy,
fennec, dsb.
3.
Untuk mencegah terjadinya kesalahan pada saat
menjalankan aplikasi game ini, sebaiknya handphone
sudah terdapat platform java MIDP
2.0 dan CLDC 1.1.
1.4
Ruang
Lingkup
1.
Penggunaan pola acak dalam perhitungan point aplikasi
game Let’s Finger Dance.
2.
Aplikasi ini menggunakan jenis game genre sport.
1.5 Tujuan Penelitian
1.
Tujuan subyektif
a.
Memenuhi persyaratan akademik untuk menyelesaikan
pendidikan jenjang Strata 1 pada jurusan Teknik Informatika di Sekolah Tinggi
Manajemen Informatika dan Komputer Indonesia Banjarmasin.
b.
Melatih dan mengembangkan kemampuan yang diperoleh
selama proses pendidikan untuk dapat diterapkan dan menghasilkan teknologi
informasi yang benar-benar sesuai sistem kerja nyata.
2.
Tujuan Objektif
a.
Mempelajari aplikasi handphone berbasis java
dan komponen-komponen lainnya.
b.
Mengembangkan penggunaan java 2 Micro Edition
sebagai aplikasi game yang menarik.
1.5
Manfaat
Penelitian
Adapun
manfaat yang didapatkan dari penelitian ini antara lain :
1. Memperoleh
pengetahuan tentang cara pembuatan game let’s finger dance menggunakan java 2 micro editon (j2me).
2. Ikut
serta dalam mengembangkan industri game di tanah air.
1.6
Sistematika
Penulisan
Sistematika penulisan Skripsi ini adalah sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab ini dibahas tentang Latar Belakang, Rumusan masalah, Batasan Masalah,
Tujuan, Manfaat dan Sistematika Penulisan.
BAB II LANDASAN
TEORI
Dalam bab ini berisikan teori-teori yang diperlukan guna mendukung
permasalahan yang akan dibahas.
BAB III METODOLOGI
PENELITIAN
Dalam bab ini membahas mengenai lokasi penelitian, Alat dan Bahan, dan
Metode yang digunakan.
BAB IV HASIL
DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini akan membahas tentang bahasan masalah dengan pokok bahasannya
: Analisa Sistem Kontrol Yang Berjalan, Analisa Sistem Kontrol dengan
Mikrokontroller.
BAB V PENUTUP
Dalam bab ini berisikan kesimpulan dan saran.
0 komentar:
Posting Komentar