Skripsi Informatika - Membangun aplikasi let’s finger dance menggunakan



BAB I
PENDAHULUAN
1.1                       Latar Belakang
Perkembangan teknologi yang sangat pesat dewasa ini menyebabkan kebutuhan akan teknologi yang semakin besar. Dalam budaya hiburan sekarang ini teknologi juga sangat berperan mulai dari film, musik, dan bahkan hiburan interaktif atau yang bisa sebut video game, tidak hanya dalam dunia hiburan saja pada teknologi komunikasi juga berkembang sangat pesat.
Handphone merupakan salah satu dari perkembangan teknologi komunikasi. Perkembangan teknologi sangat berpengaruh terhadap perkembangan game, dimana perubahannya semakin pesat berkembang. Jika video game hanya bisa dimainkan oleh satu atau dua orang pemain  pada sebuah console. Pesawat televisi dibutuhkan sebagai media tampilan. Jenis gamenya juga masih sangat sederhana dengan grafik yang sangat kasar. Tampilannya mirip seperti game dari bahasa program java, yang bisa dimainkan di handphone sekarang ini.
Pada perkembangannya sekarang, kebanyakan vendor handphone telah menyertakan fasilitas “java enable” pada produknya. Adanya fitur “java enable“ pada handphone memungkinkan penggunanya semakin mudah untuk menambahkan sendiri aplikasi-aplikasi berbasis Java 2 Micro Edition (J2ME). Game merupakan aplikasi yang masih terus berkembang dan sangat diminati pengguna sebagai salah satu fitur entertainment pada handphone.
Game Let’s Finger Dance adalah suatu game berbasis mobile yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan hiburan  bagi pengguna handphone disela-sela waktu luang untuk menghindari kebosanan dalam aktivitas sehari-hari. Game Let’s Finger Dance merupakan game genre sport atau jenis olahraga sehingga permainan ini membutuhkan kecepatan tangan dan membutuhkan konsentrasi dalam permainan.
Pemain game Let’s Finger Dance bertugas menekan tombol-tombol yang terdapat pada keypad handphone yaitu tombol atas, bawah, kanan, dan kiri, sesuai dengan arah panah yang keluar pada layar handphone. Arah panah layaknya papan kaki yang digunakan untuk memainkan game ini.
Berdasarkan uraian di atas, maka skripsi ini dibuat dengan judul MEMBANGUN APLIKASI LET’S FINGER DANCE MENGGUNAKAN JAVA 2 MICRO EDITION (J2ME)”

1.2                       Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka permasalahan yang akan dibahas adalah :
1.        Bagaimana membuat aplikasi game Let’s Finger Dance yang akan di implementasikan pada media handphone atau komputer.
2.        Bagaimana penerapan dengan program java 2 micro editon (j2me).

1.3                       Batasan Masalah
Agar pembahasan terarah, maka batasan-batasan pembahasan masalah yaitu :
1.        Pembahasan mengenai perancangan aplikasi game let’s finger dance menggunakan java 2 micro edition (j2me).
2.        Teknologi handphone  yang memiliki perangkat lunak tertentu dalam versi mobile, misal : windows mobile, opera mini, ym tiny, ebuddy, fennec, dsb.
3.        Untuk mencegah terjadinya kesalahan pada saat menjalankan aplikasi game ini, sebaiknya handphone sudah terdapat platform java MIDP 2.0 dan CLDC 1.1.

1.4                       Ruang Lingkup
1.        Penggunaan pola acak dalam perhitungan point aplikasi game Let’s Finger Dance.
2.        Aplikasi ini menggunakan jenis game genre sport.

1.5            Tujuan Penelitian
1.        Tujuan subyektif
a.         Memenuhi persyaratan akademik untuk menyelesaikan pendidikan jenjang Strata 1 pada jurusan Teknik Informatika di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indonesia Banjarmasin. 
b.         Melatih dan mengembangkan kemampuan yang diperoleh selama proses pendidikan untuk dapat diterapkan dan menghasilkan teknologi informasi yang benar-benar sesuai sistem kerja nyata.
2.        Tujuan Objektif
a.         Mempelajari aplikasi handphone berbasis java dan komponen-komponen lainnya.
b.         Mengembangkan penggunaan java 2 Micro Edition sebagai aplikasi game yang menarik.

1.5                       Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang didapatkan dari penelitian ini antara lain :
1.      Memperoleh pengetahuan tentang cara pembuatan game let’s finger dance menggunakan java 2 micro editon (j2me).
2.      Ikut serta dalam mengembangkan industri game di tanah air.

1.6                           Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan Skripsi ini adalah sebagai berikut :

BAB I         PENDAHULUAN
Dalam bab ini dibahas tentang Latar Belakang, Rumusan masalah, Batasan Masalah, Tujuan, Manfaat dan Sistematika Penulisan.

BAB II        LANDASAN TEORI
Dalam bab ini berisikan teori-teori yang diperlukan guna mendukung permasalahan yang akan dibahas.

BAB III      METODOLOGI PENELITIAN
Dalam bab ini membahas mengenai lokasi penelitian, Alat dan Bahan, dan Metode yang digunakan.

BAB IV      HASIL DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini akan membahas tentang bahasan masalah dengan pokok bahasannya : Analisa Sistem Kontrol Yang Berjalan, Analisa Sistem Kontrol dengan Mikrokontroller.

BAB V        PENUTUP
Dalam bab ini berisikan kesimpulan dan saran.
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar