RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMKN 2 TAKALAR
Mata Pelajaran :
PKn
Materi Pokok : Substansi konstitusi negara
Kelas/Program :
X
Pertemuan Minggu ke : 15
Alokasi Waktu :
2 x 45 Menit
Standar
Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan dasar negara dengan
konstitusi
Kompetensi Dasar : 4.2. Menganalisis susbtansi
konstitusi negara
Indikator :
1.
Menguraikan
unsur sebuah konstitusi dan macam-macam konstitusi
2.
Menyimpulkan
ciri sebuah konstitusi bagi negara tertentu
3.
Menganalisis
substansi konstitusi Indonesia
A. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat menguraikan unsur
sebuah konstitusi dan macam-macam konstitusi
2. Peserta didik dapat menyimpulkan ciri
sebuah konstitusi bagi negara tertentu
3. Peserta didik dapat menganalisis substansi
konstitusi Indonesia
B.
Materi Pokok Pembelajaran
·
Substansi
konstitusi negara
-
Unsur
sebuah konstitusi
-
Macam-macam
konstitusi
-
Ciri
konstitusi bagi negara tertentu
-
Substansi
konstitusi Indonesia
C.
Strategi Pembelajaran
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu ( Menit )
|
Aspek lifeskill yang dikembangkan
|
1.
|
Pendahuluan
- Memberikan salam siswa
- Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
|
15’
|
- Disiplin
- Kerjasama
- Keterampilan
|
2.
|
Kegiatan Inti
- Menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai
- Penjelasan materi
- Tanya jawab
- Latihan
|
55’
|
- Kerjasama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Uji diri
|
3.
|
Penutup
- Evaluasi / Tanya jawab
- Penenangan
|
20’
|
- Pengendalian diri
|
D.
Perangkat Pembelajaran
·
Buku
Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan
Setiadi. Hal 106-110.
·
Mimbar
Demokrasi, Jurnal Ilmiah, Jurusan Ilmu Sosial Politik, Fakultas Ilmu Sosial,
Universitas Negeri Jakarta, Vol 5, No. 1, Oktober 2005
·
UUD
1945 yang Telah Diamandemen
·
Buku-Buku
Sumber yang Relevan
·
Lembar
Kerja Siswa
E.
Penilaian dan Tindak Lanjut
·
Penilaian
Kognitif
·
Penilaian
Afektif
Takalar,
18 Agustus 2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
Dra, Hj Alwiyah Andi
Mildawati, SH
NIP.19641231 198512 2 035 NIP.
19740425 200604 2 003
0 komentar:
Posting Komentar