RPP pkn SMK (Pemajuan, penghormatan dan pengakuan HAM)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                :  SMKN 2 TAKALAR
Mata Pelajaran               : PKn
Materi Pokok                 :  Pemajuan, penghormatan dan pengakuan HAM
Kelas/Program                : X
Pertemuan Minggu ke    : 11
Alokasi Waktu               : 2 x 45 Menit

Standar Kompetensi    :  3.   Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM

Kompetensi Dasar        :  3.1.   Menganalisis upaya pemajuan, dan penegakan HAM

Indikator                       :
1.      Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan pemerintah
2.      Menentukan instrumen HAM nasional 
3.      Mendeskripsikan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat

A.    Tujuan Pembelajaran
1.      Peserta didik dapat menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan pemerintah
2.      Peserta didik dapat menentukan instrumen HAM nasional
3.      Peserta didik dapat mendeskripsikan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat

B.     Materi Pokok Pembelajaran
·         Pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM
-        Pengertian dan HAM
-        Sejarah HAM
-        Jenis HAM
-        Upaya pemerintah dalam menegakkan HAM
-        Instrumen atau dasar hukum HAM
-        Peran masyarakat dalam menegakan HAM

C.    Strategi Pembelajaran
No.
Kegiatan Belajar
Waktu ( Menit )
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan
2.
Kegiatan Inti
-  Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-  Penjelasan materi
-  Tanya jawab
-  Latihan
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri


D.    Perangkat Pembelajaran
·       Buku Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 79-84
·       Fakih Mansour, Antonius M. Indrianto, Eko Prasetyo, (2003), Menegakkan Keadilan dan Kemanusiaan, Pogunglor C-145, Yogyakarta: Insist Press.
·       Mansyur Effendi, ( 1993), HAM, Jakarta, GI
·       UUD 1945 yang Telah Diamandemen
·       Buku-Buku Sumber yang Relevan
·       Lembar Kerja Siswa

E.     Penilaian dan Tindak Lanjut
·         Penilaian Kognitif
·         Penilaian Afektif


                                                                                               






Takalar,  18 Agustus 2013

Mengetahui,
Kepala Sekolah,                                                   Guru Mata Pelajaran,





Dra, Hj Alwiyah                                                 Andi Mildawati, SH
NIP.19641231 198512 2 035                              NIP. 19740425 200604 2 003
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar