BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Sebuah permainan (game) komputer sering menggunakan sistem jaringan sehingga permainan (game) dapat dimainkan oleh beberapa orang dengan menggunakan beberapa
komputer yang terhubung dalam Local
Area Network (LAN).
Salah satu permainan (game)
komputer yang cukup menarik adalah permainan strategi Battle Ship. Permainan ini menyediakan beberapa buah tempat yang
disusun oleh kotak – kotak sebagai medan
perang. Kapal – kapal perang dengan ukuran yang berbeda – beda disusun dalam medan perang masing –
masing. Letak dari kapal – kapal perang ini tidak terlihat dalam komputer
pemain lawan. Setiap pemain berusaha untuk menghancurkan kapal – kapal perang
pemain lawan dengan cara meng-klik kotak – kotak yang dianggap sebagai letak
dari kapal – kapal perang lawan. Setiap pemain hanya boleh menebak satu kali
saja setiap gilirannya. Jika tebakannya tepat maka pemain tersebut mendapat
tambahan satu kali tebakan. Pemain yang masih menyisakan kapal perang yang
memenangkan permainan (game).
Berdasarkan uraian di atas, penulis bermaksud untuk merancang suatu
perangkat lunak permainan strategi Battle
Ship yang dapat dimainkan pada jaringan. Oleh karena itu, penulis mengambil
topik tugas akhir dengan judul “Perancangan Perangkat Lunak Permainan Strategi Battle Ship pada Jaringan”.
1.2 Perumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang pemilihan
judul, maka yang menjadi permasalahan adalah bagaimana memainkan permainan
strategi Battle Ship di tempat yang berbeda dengan menggunakan jaringan.
1.3 Tujuan
dan Manfaat Penulisan
Tujuan
penyusunan tugas akhir (skripsi) ini adalah untuk merancang suatu perangkat
lunak permainan strategi Battle Ship pada jaringan.
Manfaat
dari penyusunan tugas akhir (skripsi) ini yaitu perangkat lunak dapat dijadikan
sebagai sarana hiburan yang cukup
menarik.
1.4 Pembatasan
Masalah
Karena keterbatasan waktu dan
pengetahuan penulis, maka ruang lingkup permasalahan dalam merancang perangkat
lunak ini antara lain :
- Input dibatasi hanya pada keyboard dan mouse sedangkan Output perangkat lunak pada layar monitor.
- Jumlah pemain adalah sebanyak 2 orang.
- Rincian dari masing – masing kapal perang, yaitu :
- Battleship dengan ukuran 4 kotak sebanyak 1 buah.
- Cruiser dengan ukuran 3 kotak sebanyak 2 buah.
- Submarine dengan ukuran 2 kotak sebanyak 3 buah.
- Destroyer dengan ukuran 1 kotak sebanyak 4 buah.
- Ukuran dari medan perang adalah 10 kotak x 10 kotak.
- Perangkat lunak menggunakan komponen Winsock pada Microsoft Visual Basic untuk melakukan koneksi komputer ke jaringan.
1.5 Metodologi
Penyelesaian Masalah
Langkah – langkah pembuatan
perangkat lunak ini antara lain :
a.
Mempelajari cara permainan dari Battle Ship.
b.
Merancang interface untuk permainan Battle
Ship.
c.
Membuat koneksi komputer pada LAN.
d.
Merancang suatu perangkat lunak permainan strategi Battle
Ship dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0.
0 komentar:
Posting Komentar