RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMKN 2 TAKALAR
Mata Pelajaran :
PKn
Materi Pokok : Dasar negara dan konstitusi
Kelas/Program :
X
Pertemuan Minggu ke : 14
Alokasi Waktu :
2 x 45 Menit
Standar
Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan dasar negara dengan
konstitusi
Kompetensi Dasar : 4.1. Mendeskripsikan hubungan dasar
negara dengan konstitusi
Indikator
1.
Mendeskripsikan
pengertian dasar negara
2.
Mendeskripsikan
pengertian konstitusi negara
3.Menyimpulkan keterkaitan dasar negara dengan
konstitusi di sebuah negara
A.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta
didik dapat mendeskripsikan pengertian dasar negara
2.
Peserta
didik dapat mendeskripsikan pengertian konstitusi negara
3. Peserta didik dapat menyimpulkan
keterkaitan dasar negara dengan konstitusi di sebuah negara
B.
Materi Pokok Pembelajaran
·
Hubungan
dasar negara dan konstitusi negara
-
Pengertian
dasar negara
-
Pengertian
konstitusi
-
Hubungan
dasar negara dengan konstitusi
C.
Strategi Pembelajaran
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu ( Menit )
|
Aspek lifeskill yang dikembangkan
|
1.
|
Pendahuluan
- Memberikan salam siswa
- Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
|
15’
|
- Disiplin
- Kerjasama
- Keterampilan
|
2.
|
Kegiatan Inti
- Menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai
- Penjelasan materi
- Tanya jawab
- Latihan
|
55’
|
- Kerjasama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Uji diri
|
3.
|
Penutup
- Evaluasi / Tanya jawab
- Penenangan
|
20’
|
- Pengendalian diri
|
D.
Perangkat Pembelajaran
·
Buku
Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan
Setiadi. Hal 103-106.
·
J.C.T.Simorangkir,
SH., Dr. (1986), Hukum dan Konstitusi Indonesia, Jakarta: PT: Gunung
Agung UUD 1945 yang Telah Diamandemen
·
Buku-Buku
Sumber yang Relevan
·
Lembar
Kerja Siswa
E.
Penilaian dan Tindak Lanjut
·
Penilaian
Kognitif
·
Penilaian
Afektif
Takalar,
18 Agustus 2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
Dra, Hj Alwiyah Andi
Mildawati, SH
NIP.19641231 198512 2 035 NIP.
19740425 200604 2 003
0 komentar:
Posting Komentar