RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMKN 2 TAKALAR
Mata Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Lembaga
peradilan
Kelas/Program : X
Pertemuan Minggu ke : 7
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
Standar
Kompetensi : 2. Menampilkan sikap positif terhadap hukum dan
peradilan nasional
Kompetensi Dasar : 2.2. Menganalisis peranan
lembaga-lembaga peradilan
Indikator :
1.
Menguraikan
perangkat lembaga peradilan
2.
Menganalisis
macam-macam lembaga peradilan
3.
Menganalisis
peranan lembaga peradilan
4.
Menganalisis
pelaksanaan lembaga peradilan
A. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat menguraikan perangkat
lembaga peradilan
2. Peserta didik dapat menganalisis
macam-macam lembaga peradilan
3. Peserta didik dapat menganalisis peranan
lembaga peradilan
4. Peserta didik dapat menganalisis
pelaksanaan lembaga peradilan
B. Materi Pokok Pembelajaran
- Peranan Lembaga-lembaga peradilan nasional
-
Lembaga
Peradilan di Indonesia
-
Alat
kelengkapan peradilan
-
Tingkatan,
peranan, dan fungsi lembaga peradilan
C. Strategi Pembelajaran
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu ( Menit )
|
Aspek lifeskill yang dikembangkan
|
1.
|
Pendahuluan
- Memberikan salam siswa
- Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
|
15’
|
- Disiplin
- Kerjasama
- Keterampilan
|
2.
|
Kegiatan Inti
- Menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai
- Penjelasan materi
- Tanya jawab
- Latihan
|
55’
|
- Kerjasama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Uji diri
|
3.
|
Penutup
- Evaluasi / Tanya jawab
- Penenangan
|
20’
|
- Pengendalian diri
|
D. Perangkat Pembelajaran
·
Buku
Kewarganegaraan SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan
Setiadi. Hal 53-57.
·
UUD
1945 yang Telah Diamandemen
·
UU
kehakiman Republik Indonesia
·
Lembaga
pemasyarakatan
·
Lembar
kerja siswa
E. Penilaian dan Tindak Lanjut
·
Penilaian
Kognitif
·
Penilaian
Afektif
Takalar,
18 Agustus 2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
Dra, Hj Alwiyah Andi
Mildawati, SH
NIP.19641231 198512 2 035 NIP.
19740425 200604 2 003
0 komentar:
Posting Komentar