Pengantar karya ilmiah



PENGANTAR KARYA ILMIAH

Salah satu bentuk karya adalah karya tulis. Adapun yang dimaksud dengan karya tulis ilmiah adalah karya tulis sebagai rekaman sebuah pemikiran yang bulat (utuh), untuk dikomunikasikan kepada pembaca, yang pada gilirannya pembaca dapat memahaminya dengan tepat sesuai dengan yang dimaksudkan oleh penulis. Agar maksud tersebut dapat tercapai, pikiran penulis harus tersusun menurut seni dan teknik tertentu.
Karya tulis ilmiah dapat dikelompokkan menurut bentuk dan isinya. Isi karya tulis ilmiah berkaitan dengan penemuan penelitian yang diharapkan maupun disajikan oleh peneliti, yang dapat berisikan: informasi, rekomendasi, prinsip, generalisasi, konsep, hipotesis, teori, dalil atau hukum. Karya tulis ilmiah memiliki bentuk dari yang paling sederhana sampai pada bentuk yang tidak sederhana, yaitu: laporan buku, review buku, makalah, skripsi kecil, skripsi, tesis dan desertasi. Hubungan antara isi dan bentuk karya ilmiah formal dapat dilihat dalam matrik berikut:

Bentuk
Isi
Book Report
Book Review
Makalah
Skripsi kecil
Skripsi
Tesis
Desertasi
Informasi
*
*
*
*
*
*
*
Pendapat/ Rekomendasi

*
*
*
*
*
*
Prinsip


*
*
*
*
*
Generalisasi



*
*
*
*
Konsep Hipotesis




*
*
*
Teori





*
*
Dalil/Hukum






*

Kata ilmiah adalah bentuk kata sifat dari ilmu yang berarti sifat keilmuan. Apa yang dimaksud bersifat keilmuan itu? Hal ini sangat penting untuk dapat dimengerti, karena apabila tidak mengerti tentang sifat keilmuan, maka tidak bisa membedakan apakah sesuatu dapat disebut ilmiah atau tidak.



Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar