MACAM-MACAM METODE PENELITIAN
Penelitian
merupakan salah satu penunjang dalam perkembangan ilmu pengetahuan, tanpa
adanya penelitian ilmu pengetahuan tidak akan bertambah maju. Ada tiga syarat
penting yang harus diperhatikan dalam melakukan penelitian, yaitu:
1. Sistematis, artinya dilaksanakan menurut pola
tertentu dari yang paling sederhana sampai kompleks hingga tercapai tujuan
secara efektif dan efisien.
2. Berencana, artinya dilaksanakan dengan adanya
unsur kesengajaan dan sebelumnya sudah dipikirkan langkah-langkah pelaksanaannya.
3. Mengikuti konsep ilmiah, artinya mulai awal sampai akhir
kegiatan penelitian mengikuti cara-cara yang sudah ditentukan, yaitu prinsip
yang digunakan untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
Macam-macam
Metode Penelitian
Dalam
melakukan penelitian, orang dapat menggunakan berbagai macam metode. Keputusan
mengenai metode yang akan dipakai akan tergantung kepada tujuan, pendekatan,
bidang ilmu, tempat, sifat masalah yang digarap dan alternatif yang mungkin
digunakan.
1.
Penelitian Ditinjau dari Tujuan
a. Penelitian EksploratifDigunakan apabila peneliti ingin menggali secara luas tentang sebab akibat atau hal-hal yang mempengaruhi terjadinya sesuatu.b. Penelitian DevelopmentalDilakukan percobaan dan penyempurnaan.c. Penelitian VerifikatifBertujuan untuk mengecek kebenaran hasil penelitian lain.
2.
Penelitian Ditinjau dari Pendekatan
a.
Pendekatan Longitudinal
Pada
metode ini, sample subjek yang sama dipelajari dalam waktu tertentu. Metode ini
memungkinkan adanya penyelidikan intensif terhadap individu karena peneliti
menyimpulkan data tentang subjek yang sama pada berbagai tingkatan. Kelemahan
metode ini, antara lain:
1)
Menuntut
adanya komitmen dari individu atau lembaga yang bersedia menyediakan waktu,
uang dan sumber daya lainnya selama beberapa tahun.
2)
Jika
dampel yang dipilih jelek, tak ada yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya.
3)
Tidak
dapat menambah variabel baru.
4)
Sulitnya
mempertahankan kerjasama subjek dalam waktu yang lama.
b.
Pendekatan Cross-sctional
Metode
ini meliputi lebih banyak subjek, tetapi mencandra faktor-faktor pertumbuhan
yang lebih sedikit. Kelemahan dari metode ini adalah:
1) Perbedaan yang ada pada
sampel-sampel dapat membuat penyidikan ini sangat luas.
2) Kemungkinan adanya variabel luar
yang telah menimbulkan perbedaan diantara populasi-populasi yang ditarik
sampelnya.
3.
Penelitian Ditinjau dari Bidang Ilmu
Ragam
penelitian ditinjau dari bidangnya adalah penelitian terhadap pendidikan,
keteknikan, ruang angkasa, pertanian, perbankan, kedokteran, keolahragaan dan
sebagainya.
4.
Penelitian Ditinjau dari Tempatnya
a. Penelitian Laboratoriumb. Penelitian Perpustakaanc. Penelitian Lapangan
5.
Penelitian Ditinjau dari Sifat Masalahnya
Berdasarkan
sifat-sifat masalahnya, metode penelitian dapat digolongkan menjadi sembilan,
dapat dilihat pada tabel berikut:
Metode
Penelitian
|
Tujuan
|
Ciri-ciri
|
Langkah-langkah
Pokok
|
Penelitian
Historis
|
Membuat
rekonstruksi masa lampau secara sistematis dan objektif dengan cara
mengumpulkan, mengevaluasi, memverifikasi serta mensistensikan bukti-bukti
untuk menegakkan fakta.
|
|
|
Penelitian
Deskriptif
|
Membuat
pencandraan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan
sifat-sifat populasi.
|
|
|
Penelitian
Perkembangan
|
Untuk
menyelidiki pola dan perurutan pertumbuhan dan atau perubahan sebagai fungsi
waktu
|
|
|
Penelitian
Kasus dan Penelitian Lapangan
|
Untuk
mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang dan
interaksi lingkungan sesuatu unit sosial.
|
|
|
Penelitian
korelasional
|
Untuk
mendeteksi sejauh mana variasi-variasi pada suatu faktor berkaitan dengan
variasi-variasi pada satu atau lebih faktor lain berdasarkan pada koefisien
korelasi
|
|
|
Penelitian
Kausal-Komparatif
|
Untuk
menyelidiki kemungkinan hubungan sebab akibat dengan cara berdasar atas
pengamatan terhadap akibat yang ada mencari kembali faktor yang mungkin
menjadi penyebab melalui data tertentu
|
|
kepustakaan
|
Penelitian
Eksperimental-Sungguhan
|
Untuk
menyelidiki kemungkinan saling hubungan sebab akibat dengan cara mengenalkan
kepada satu atau lebih kelompok eksperimental satu atau lebih kondisi
perlakuan dan memperbandingkan hasilnya dengan satu atau lebih kelompokn
kontrol yang tidak dikenai kondisi perlakuan
|
|
|
Penelitian
Eksperimental Semu
|
Untuk
memperoleh informasi yang merupakan perkiraan bagi informasi yang merupakan
perkiraan bagi informasi yang diperoleh dengan eksperimen yang sebenarnya
dalam keadaan yang tidak memungkinkan untuk mengontrol dan atau memanipulasi
semua variabel yang relevan.
|
|
|
Penelitian
Tindakan
|
Mengembangkan
keterampilan-keterampilan baru atau cara pendekatan baru dan untuk memecahkan
masalah dengan penerapan langsung didunia kerja
|
|
0 komentar:
Posting Komentar