Hacking - Sesuatu Tentang Hacker dan Cracker Yang Harus Diluruskan


Sesuatu Tentang Hacker dan Cracker Yang Harus Diluruskan


Siang tadi, seperti kebiasan setiap minggu untuk pergi jalan-jalan bersama. Kali ini dengan tujuan ke tempat Pameran Buku Kota Padang(Padang Book Fair). Setelah masuk ke tempat pameran mulailah menjelajahi satu per satu outlet buku yang ikut dalam pameran yang di adakan pemerintah kota padang setiap 3 bulan sekali.
Pameran buku ini di dominasi oleh buku² bernuansa islami. Setalah beberapa saat menjelajahi outlet², akhirnya saya berhenti di salah satu outlet yang memiliki koleksi buku² komputer. Dan yang paling menarik perhatian saya adalah salah satu buku dengan judul T O F Hacker. Melihat kata² hacker tangan saya instan tertuju kesana.
Setelah bolak-balik dan membaca beberapa saat. Saya ambil kesimpulan, secara keseluruhan isi buku ini lumayan bagus. Cuma ada satu permasalahan yang menggelitik dan membuat kening saya berkerut. Dalam buku secara keseluruhan mengambil kesimpulan bahwa hacking adalah perbuatan jahat dan otomatis hacker adalah tindakan kejahatan.
Dalam buku ini dikatakan bagaimana hacker dalam 15 menit bisa membobol sistem keamanan komputer, serta melakukan tindakan kejahatan. Dan buku ini juga mengatakan bahwa hacker adalah orang yang sanggup untuk masuk kedalam suatu sistem keamanan komputer dan mengambil informasi penting dari sistem tersebut dan cracker adalah orang yang membuat suatu program untuk menjebol suatu software yang menggunakan lisensi dan membuat crack-nya.
Menurut saya ini sangat bertentangan dengan apa dan siapa hacker serta cracker itu sebenarnya. kalau kita kembali mengupas salah satu referensi tentang hacker. Referensi ini mengatakan istilah hacker ini di pakai pertama kali pada tahun 1961di Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang pada saat itu menggunakan komputer PDP-1. mahasiswa yang memvaforitkan komputer ini membuat berbagai macam program sampai ngoprek PDP-1 mejadi mesin game generasi awal. Nah budaya inilah yang kemudian terkenal menjadi hacker. Dan dalam sejaah hacker MIT memiliki andil yang cukup besar di dalam perkembangan IT dunia. Contohnya Richard Stallman membuat editor Emacs, yang sampai saat masih di pakai sebagai salah satu editor oleh pengembang unix. Hacker yang lain yang sangat populer adalah hacker dari Bell Labs Ken Thomson dan Dennis Ritchie yang dengan bahasa C nya mengembangkan sistem operasi Unix. Dan juga tentnya Linus Torvald, yang menciptakan sistem operasi Linux yang populer sekarang. dan banyak lagi yang hacker² lain yang memiliki peranan penting.
Tetapi istilah hacker ini mulai di kotori pada sekitar tahun 1984 dimana saat itu mulai populernya menyusup kedalam sistem komputer dan mengambil keuntungan bahkan merusak sistem tersebut. Salah satu tindakan yang biasa mereka lakukan adalah menggunakan Credit Card yang mereka temui di dalam sistem, dan biasanya mereka menggunakan tools² tertentu dan biasanya juga mereka tidak memahami bahasa program. berikut pendapat Romi S W :
“Sesuatu yang sangat bodoh apabila ada orang atau kelompok yang mengklaim dirinya hacker tapi sama sekali tidak mengerti bagaimana membuat program.”
Dan juga tentunya yang mengaku sebagai hacker tetapi tidak memahami dan mendalami bagaimana kerja sistem operasi serta jaringan. Bahkan lebih bodoh lagi kalau ada sekelompok orang yang mengaku sebagai hacker, karena seorang hacker sejati tidak akan pernah mengeluarkan pengakuan sebagai seorang hacker.
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar