Hacking - Studi Kasus Aspek yang berkaitan dengan ancaman keamanan:


Studi Kasus Aspek yang berkaitan dengan ancaman keamanan:

Sebelum adanya personal computer , computer-komputer di dunia hanya berada di dalam instansi-instansi pemerintah dan kantor-kantor bisnis yang besar saja. Komputer pada waktu itupun hanya terbatas pada jenis-jenis computer tertent saja seperti computer mini dan computer mainframe saja. Pada tahun 1977, dua anak muda yaitu Steve Jobs dan Steve Wozniak dari Silicon Valley, California, memperkenalkan konsep baru, Personalm Computer, yang diberi nama ‘Apple Computer I’, dengan prinsip ‘satu orang satu computer’ mereka mendirikan perusahaan “Apple Computer Inc” Kebutuhan akan personal computer naik secara drastic . Merasuknya personal Computer ke jaringan kehidupan masyarakat menumbuhkan kebutuhan baru bagi pemakai-pemakai computer tersebut, yaitu kebutuhan
untuk saling bertukar informasi antar computer. Pertukaran informasi antar computer dilakukan dengan menghubungkan satu computer dengan computer lain. Hubungan ini dapat dilakukan dengan menghubungkan computer-komputer melalui kabel secara langsung. Atau dapat pula dilakukan secara tidak langsung, seperti hubungan melalui satelit. Jika beberapa computer dihubungkan satu dengan yang lain melalui hubungan komunikasi, mereka adalah bagian dari jaringan kerja computer (computer network).

ASPEK YANG BERKAITAN DENGAN ANCAMAN KEAMANAN
Aspek yang berkaitan dengan ancaman keamanan antara lain :
· Interruption. Merupakan ancaman terhadap availability, yaitu data dan informasi yang berada dalam system computer dirusak atau dibuang, sehingga menjadi tidak ada dan tidak berguna. Contohnya, hard disk yang dirusak, memotong line komunikasi, dan lain-lain.
· Interception. Merupakan ancaman terhadap secrecy, yaitu orang yang tidak berhak namun berhasil mendapatkan akses informasi daari dalam system computer. Contohnya, dengan menyadap data yang melalui jaringan public (wiretapping) atau menyalin secara tidak sah
  file atau program.
· Modification. Merupakan ancaman terhadap integritas, yaitu orang yang tidak berhak yang tidak hanya berhasil mendapatkan akses informasi dari dalam system computer, tetapi juga dapat melakukan perubahan terhadap informasi. Contohnya, merubah program dan lainlain.
· Fabrication. Merupakan ancaman terhadap integritas , yaitu orang yang tidak berhak yang meniru atau memalsukan suatu objek ke dalam system. Contohnya, dengan menambahkan suatu record ke dalam file.
Menurut Saltzer, J., dan Schroeder, M. (“The Protection of Information in Computer System” Proceeding of the IEEE, September 1975), di dalam merancang suatu system keamanan, ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan, antara lain :
· Least privilege. Semua program dan user dari system harus beroperasi pada level terendah yang diperlukan untuk menyelesaikan tugasnya (tidak ada hak istimewa).
· Economy of mechanisms. Mekanisme keamanan harus sederhana, dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dengan rancangan system secara keseluruhan.
· Acceptability. Sistem keamanan mudah dipergunakan oleh user.
· Complete mediation. Setiap akses harus dicek ke dalam informasi control akses, termasuk pada saat kondisi tidak normal seperti pada saat recovery atau pemeliharaan.
· Open design. Mekanisme keamanan dari system harus dapat disebarluaskan sehingga ada umpan-balik yang dapat dimanfaatkan untuk perbaikan system keamanan.

Jenis ancaman system computer:

Ø   Internet Worms
         Worm adalah sejenis program yang bisa mengcopy dan mengirim dirinya via jalur komunikasi jaringan Internet.
         Umumnya menyerang melalu celah/lubang keamanan OS komputer.
         Worm mampu mengirim paket data secara terus menerus ke situs tertentu via jalur koneksi LAN/Internet.
         Efeknya membuat trafik jaringan penuh, memperlambat koneksi dan membuat lambat/hang komputer pengguna.
          Worm bisa menyebar melalui email atau file dokumen tertentu.

Ø   Spam
         Spam adalah sejenis komersial email yang menjadi sampah mail (junkmail).
         Para spammer dapat mengirim jutaan email via internet untuk kepentingan promosi produk/info tertentu.
         Efeknya sangat mengganggu kenyamanan email pengguna dan berpotensi juga membawa virus/worm/trojan.

Ø   Trojan Horse
         Trojan adalah suatu program tersembunyi dalam suatu aplikasi tertentu.
         Umumnya disembuyikan pada aplikasi tertentu seperti: games software, update program, dsb.
         Jika aktif maka program tersebut umumnya akan mengirim paket data via jalur internet ke server/situs tertentu, atau mencuri data komputer Anda dan mengirimkannya ke situs tertentu.
         Efeknya akan memenuhi jalur komunikasi, memperlambat koneksi, membuat komputer hang, dan berpotensi menjadikan komputer Anda sebagai sumber Denidal Of Services Attack.

Ø   Spyware
         Spyware adalah suatu program dengan tujuan menyusupi iklan tertentu (adware) atau mengambil.
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar