story (kata-kata Hikmah)



KATA-KATA HIKMAH"
ANAK KECIL AJA TAKUT

Sahabat Hikmah...
Ada kisah yang dapat memberikan hikmah kepada kita,dalam kisah tersebut diceritakan bahwa ada seorang lelaki tua sedang berjalan-jalan di tepi sungai, pada saat dia sedang berjalan-jalan, dia melihat seorang anak kecil sedang mengambil wudhu' sambil menangis.

... Ketika orang tua itu melihat anak kecil tadi menangis, dia pun berkata, "Wahai anak kecil kenapa kamu menangis?"

Maka berkata anak kecil itu, "Wahai pakcik saya telah membaca ayat al-Qur'an sehingga sampai kepada ayat yang berbunyi, "Yaa ayyuhalladziina aamanuu quu anfusakum wa ahliikum naara" yang bermaksud, " Wahai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari siksa api neraka." (QS At Tahrim :6). Saya menangis sebab saya takut akan dimasukkan ke dalam api neraka yang sangat panas."

Berkata orang tua itu, "Wahai anak, janganlah kamu takut, sesungguhnya kamu terpelihara dan kamu tidak akan dimasukkan ke dalm api neraka."

Berkata anak kecil itu, "Wahai pakcik, pakcik adalah orang yang berakal, tidakkah pakcik lihat kalau orang menyalakan api maka yang pertama sekali yang mereka akan letakkan ialah ranting-ranting kayu yang kecil dahulu kemudian baru mereka letakkan yang besar. Jadi tentulah saya yang kecil ini akan dibakar dahulu sebelum dibakar orang dewasa."

Berkata orang tua itu, sambil menangis, "Sungguh anak kecil ini lebih takut kepada neraka daripada orang yang dewasa, maka bagaimanakah keadaan kami nanti….?"

Sahabat Hikmah...
Dalam ayat tersebut...
" Wahai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari siksa api neraka." (QS At Tahrim :6)

Bagi yang sudah baligh dan belum berkeluarga agar menjaga diri mereka sendiri dari dari api neraka.

Tanggung jawab dengan diri untuk selamat dari api neraka saja sudah berat...
Apatah lagi bagi yang sudah berkeluarga, mereka harus menjaga diri dan keluarganya dari api neraka. Bila tanggung jawab tadi diabaikan, maka siksaan neraka akan ditanggung oleh keluarganya, dia akan mendapat tambahan siksa yang lebih pedih.

"Setiap kalian adalah pemimpin, dan tiap-tiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawabannya." (Hadits)

Selamat pagi selamat beraktifitas dalam melaksanakan tanggung jawab...

OFA
DUA. SURGA UNTUK MANUSIA

“ Bagi orang yang takut akan saat menghadap tuhannya ada dua surga.” (Q.S. Ar-Rahman: 46)

Sebuah kisah yang indah di ceritakan oleh Yahya bin Ayub yang dituliskan oleh Ibnu Qayyim dalam kitabnya Raudhatul Muhibbin wa Nuzhatul Musytaaqin,

“Di kota madinah ada seorang pemuda yang prilakunya membuat Umar Bin Khattab heran. Manakala pemuda tersebut pulang dari mengerjakan... shalat isya tiba-tiba diperjalanan ada seorang perempuan merayunya. Dia terus berusaha merayu dan menggoda pemuda tersebut sehingga akhirnya pemuda tersebut tergoda. Dia mengikuti perempuan itu menuju rumahnya. Dan manakala ia berada di depan pintu rumah perempuan tersebut dia merasa malu dan takut kepada Allah kemudian di dalam hatinya terlintas firman Allah :

“ Sesunggunya orang-orang yang bertakwa bila mereka ditimpa was-was dari setan, mereka takut kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya.”
(Q.S. al-Araf: 201)

Sang pria itu sujud tersungkur dan perempuan tersebut pun melihatnya. Dia merasakan dirinya akan pingsan. Dan perempuan yang sedari tadi menggodanya berusaha untuk menolongnya, dan memapah pemuda itu menuju ke rumahnya. Ayah pemuda itu keluar dan melihat anaknya terlentang di depan pintu rumah dan membawa anaknya masuk ke dalam kamar sampai akhirnya sang pemuda pun sadarkan diri. Sesudah sadar ayahnya bertanya, “Apa yang terjadi padamu wahai anakku?” Pemuda itu tersebut tidak mau menyampaikan tentang apa yang baru saja terjadi pada dirinya. Tatkala dia membaca ayat di atas nafasnya terasa sesak dan akhirnya pemuda tersebut meninggal dunia. Masyarakat Madinah pun gempar karenanya dan berita itupun akhirnya sampai pada Amirul Muminin Umar Bin Khattab. Umar berkata, “Ceritakanlah kepadaku tentang kisah kematian pemuda tersebut!” Sesudah mendengar cerita itu Umar tertegun dan dia langsung menuju pusara pemuda itu. Sesampainya di sana ia berdoa kepada Allah sampai akhirnya dia mendengar suara yang memanggil-manggil, “Wahai fulan bin fulan, Wa liman khafa maqama rabbihi janatain.” Artinya, “Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga.” (QS. Ar-Rahman: 46). Setelah itu Umar mendengarkan suara dari dalam kubur, ”Sungguh Tuhanku telah memberikan itu kepadaku.

Sebuah pelajaran yang indah yang senantiasa mengingatkan kita agar selalu waspada terhadap prilaku kemaksiatan dan kemungkaran. Adakah pernah manakala kita hendak melakukan perbuatan maksiat kemudian kita malu kepada Allah, kemudian menyadari bahwa siksa Allah di akherat kelak sangatlah pedih.

”Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannnya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesunggunya surgalah tempat tinggal (nya)” (Q.S. an Nazi’at: 40-41
RAJAWALI DAN BADAI...

Taukah anda, bahwa rajawali tau kapan badai muncul jauh sebelum peristiwa terjadi...

Rajawali akan terbang sampai ketinggian tertentu dan menunggu angin itu datang...
ketika pada saat badai itu muncul, dia akan menge...mbangkan sayapnya sehingga angin akan mengangkatnya keatas badai...

Ketika badai mengamuk dibawahnya, rajawali membumbung tinggi diatasnya...

Rajawali tidak melarikan diri dari badai...
dia memanfaatkan badai untuk mengangkat nya lebih tinggi... dia mengendarai angin yang menimbulkan badai....

Saudaraku....
Ketika badai kehidupan menerpa kita...
dan kita semua pasti akan mengalaminya...
kita bisa naik diatasnya dengan cara menyetel alam pikiran dan keyakinan kita kepada Allah SWT...

Badai tidak perlu menaklukkan kita...
Kita bisa membiarkan kuasa Allah SWT mengangkat kita keatasnya...

Allah memberi kita kemampuan mengendarai angin yang mengiringi badai yang menyebabkan sakit, tragedi, kegagalan dan kekecewaan dalam kehidupan kita...
kita bisa membubung tinggi diatas badai...

Dan Ingatlah selalu...
Bukan beban yang menyebabkan kita jatuh...
Tetapi cara kita mengatasi beban itulah yang menyebabkannya...

(Perlu diketahui, Rajawali dalam photo tersebut diambil oleh OFA di daerah Pantai Amor, Tanjung Balai)Lihat Selengkapnya


Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar